MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Dunia transportasi sudah amat berkembang pada wkt ini. Dahulu kudu waktu lama buat memperbuat perjalanan dgn menggunakan transportasi darat serta laut. Bagaikan example perjalanan haji pd tahun 70an yg menggunakan kapal api sbg perkakas transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt ekstra dari 3 bulan. tetapi masa ini berkat perkembangan modern transportasi navigasi udara tenggang yang sama dapat ditempuh dalam waktu 8 jam saja. Tak mengagumkan sekiranya pada waktu ini kapal laut tidak lagi dipergunakan bakal mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan jarak makin lama pendek
Perkembangan kapal terbang saat ini tidak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. sungguhpun masih ada polemik siapa yang nomor satu kali menjumpai kapal udara namun sejarah perkembangan pesawat udara masih konstan menarik untuk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Tahun 478 sm
Andaikan pesawat terbang didefinisikan sbg benda yang lbh berat dari udara namun mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yakni penemu pertama. Dalam catatannya dia tahu menulis berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dengan kata lain Gongshu Ban menghasilkan layang-layang dlm wujud seekor burung yang diproses dari bambu & kayu yang dapat bertahan sampai 3 24 jam melayang minus jatuh.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang sebagian variasi pesawat terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter dengan parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yang memperoleh kelainan dalam mengartikan tulisan, taksiran dan konsep secara normal tsb yg berkenaan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yang sudah dia bagi sepanjang hidupnya dengan tidak semua gede belom sempat bagi dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci mengenai terbang ini terakumulasi dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia beserta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. bersama tdk semua besar sudah diciptakan dlm jenis replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Thn 1783
Pada wkt ini pertama kali org byk memikirkan bakal terbang tak menerapkan sayap namun memakekan balon. Balon tersebut diisi dengan gas Montgolfier yg pertama kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan tanaman api beserta asap yang bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu ketika mereka berusaha menghilangkan kertas beserta menangkap gas tsb ke dlm tas dan mendapatkan bahwa tas tersebut dpt terbang sampai ke langit-langit ruang mereka.
Orang yang kesatu kali menguji terbang dgn menerapkan balon udara tsb merupakan Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada tahun 1773 adalah bangsawan yang dpt dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier serta termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan untuk permasalah teknik, sosial bersama politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya yaitu berkenaan navigasi udara yang memakekan media yang extra berat daripada udara dengan secepatnya pd tahun 1799 mencetuskan konsep dari kapal udara modern sebagaimana saat ini ini merupakan drag vector (searah dengan aliran ) bersama eskalator vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
George Cayley dan “Boy Carrier” 1849
Pd tahun 1804 Cayley merancang, ekspansi & menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yang sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang sanggup disesuaikan bersama menjelma acuan pesawat udara hingga wkt ini.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Tahun 1868
Momen yg bersejarah bagi dunia navigasi udara serta perkembangan tekno pesawat udara pada tahun 1868 yaitu ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron tips-tips yang dia bagi tersebut dioprasikan dgn tangan dgn kata lain scr otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan perangkat pengendali penerbangan tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang studi detail dari kepakan sayap dengan teknik terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pd thn 1864. Sekalipun prosedur kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat namun sebab dia beserta seluruh orang pd masa itu kurang paham dengan akspek aerodynamics shg pesawat yg dia rancang nggak sudah berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Thn 1903
Pd thn 1903 utuk kesatu kalinya Orvile & Wilbur Wright terbang dengan pesawat biplane. Sejak kecil benar-benar ke 2 saudara tersebut menaruh afeksi lebih kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka memperbuat navigasi udara nomor satu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yang sudah dilengkapi dgn mesin berbahan bakar bensin sewaktu 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.