MINIATUR PESAWAT KLASIK
Dunia transportasi udah amat berkembang pd masa ini. Dahulu butuh wkt lama untuk melaksanakan perjalanan dgn memakaikan transportasi darat beserta laut. Sebagai contoh perjalanan haji pd thn 70an yang menerapkan kapal api bagaikan alat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt lebih dari 3 bulan. namun saat ini berkat perkembangan globalisasi transportasi penerbangan jarak yg dengan sanggup ditempuh dalam waktu 8 jam saja. Tak menarik hati semisal pada masa ini kapal laut nggak lagi dipergunakan bagi mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan tenggang makin lama pendek
Perkembangan kapal terbang wkt ini tidak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. walaupun masih ada polemik siapa yang pertama kali menjumpai kapal udara tapi sejarah perkembangan kapal udara masih tetep menarik utk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT KLASIK
Tahun 478 sm
Semisal pesawat terbang didefinisikan sbg benda yang extra berat dari udara tetapi sanggup melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi adalah penemu pertama. Dalam catatannya dia sempat mengarang berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban atau Gongshu Ban menciptakan layang-layang dalam wujud seekor burung yg dirancang dari bamboo dan kayu yg dapat bertahan sampai 3 24 jam melayang tanpa jatuh.
MINIATUR PESAWAT KLASIK
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang tidak semua variasi kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dan parasut. Hasil pemikiran ilmuan yang mempunyai kelainan dalam menafsirkan tulisan, taksiran & tema dengan cara normal tsb yg berhubungan dengan dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yg pernah dia utk sepanjang hidupnya dan tdk semua gede belom sempat untuk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkenaan terbang ini terhimpun dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia & Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dengan sebagian gede sudah diurus dlm bentuk replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT KLASIK
Thn 1783
Pd wkt ini pertama kali orang memikirkan untuk terbang tak memakekan sayap namun menggunakan balon. Balon tersebut diisi dengan gas Montgolfier yang kesatu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan bunga api dan asap yg bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu momen mereka mengetes membuang kertas & menangkap gas tersebut ke dalam tas dengan menemukan bahwa tas tsb dapat terbang hingga ke langit-langit kamar mereka.
Orang yang kesatu kali mencoba terbang dengan menggunakan balon udara tsb yakni Jean Pilatre De Rozier. Dia yakni seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT KLASIK
Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pd thn 1773 yakni bangsawan yg dapat dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dengan termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan untuk permasalah teknik, sosial serta politik di Inggris, namum perhatian terbesarnya yaitu berhubungan navigasi udara yang memakaikan media yang lebih berat ketimbang udara dan buru-buru pada thn 1799 mencetuskan draf dari kapal udara modern seperti sekarang ini merupakan drag vector (searah dgn aliran ) bersama eskalator vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT KLASIK
George Cayley bersama “Boy Carrier” 1849
Pd thn 1804 Cayley merancang, memperluas dengan menerbangkan sebuah glider skala kecil yang sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang mampu disesuaikan dan menjadi acuan pesawat udara hingga waktu ini.
MINIATUR PESAWAT KLASIK
Tahun 1868
Momen yang bersejarah bakal dunia navigasi udara & perkembangan digital kapal udara pd tahun 1868 yakni ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron pola yang dia bagi tersebut dioprasikan dengan tangan dengan kata lain secara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat peranti pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg mengulas detail dari kepakan sayap dan panduan terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pd thn 1864. Meskipun proses kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti bermanfaat tetapi karna dia bersama semua orang pd saat itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics sehingga kapal yg dia rancang nggak sudah berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT KLASIK
Tahun 1903
Pd tahun 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile & Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil kenyataannya kedua saudara tersebut menaruh atensi extra kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka mengerjakan penerbangan kesatu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yg telah dilengkapi dengan mesin bahan bakar bensin semasa 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.