MINIATUR PESAWAT BAMBU
Dunia transportasi udah sangat berkembang pada masa ini. Dahulu harus wkt lama bagi melaksanakan perjalanan dgn memakekan transportasi darat & laut. Sbg contoh perjalanan haji pd tahun 70an yg memakaikan kapal api sebagai perkakas transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt extra dari 3 bulan. tetapi masa ini berkat perkembangan teknologi transportasi penerbangan tenggang yg dengan dapat ditempuh dlm waktu 8 jam saja. Enggak menakjubkan manakala pada saat ini kapal laut bagian enggak lagi dipergunakan bakal mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan jarak makin lama pendek
Perkembangan kapal terbang waktu ini nggak terlepas dari tugas tokoh-tokoh terdahulu. sungguhpun masih ada perbantahan siapa yang pertama kali menjumpai pesawat udara tetapi sejarah perkembangan kapal udara masih tetap menarik bagi dipelajari.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Thn 478 sm
Apabila pesawat terbang didefinisikan sbg benda yang extra berat dari udara tapi bisa melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yakni penemu pertama. Dlm catatannya dia pernah mencatat berkenaan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban menciptakan layang-layang dlm wujud seekor burung yg dirancang dari bamboo dengan kayu yang bisa bertahan hingga 3 24 hour melayang tanpa jatuh.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang beberapa macam pesawat terbang, diantaranya kapal glider, helikopter beserta parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yg memiliki kelainan dalam mengartikan tulisan, prediksi dengan konsepsi dgn cara normal tersebut yang berkenaan dengan dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yg tahu dia utk sepanjang hidupnya beserta tdk semua gede belom sempat buat dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci tentang terbang ini terakumulasi dlm Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia dengan Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dengan tidak semua gede telah dikerjakan dlm tampilan replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Tahun 1783
Pd saat ini kesatu kali org banyak memikirkan utk terbang enggak menggunakan sayap tetapi memakaikan balon. Balon tersebut diisi dgn gas Montgolfier yang nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan tanaman api & asap yg bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu pada waktu mereka menguji menyingkirkan kertas & menangkap gas tersebut ke dlm tas & mendapatkan bahwa kantong tersebut mampu terbang sampai ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yang pertama kali berikhtiar terbang dgn memakekan balon udara tersebut yakni Jean Pilatre De Rozier. Dia yaitu seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yg dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pd thn 1773 yakni bangsawan yang dapat dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier & termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan utk permasalah teknik, sosial bersama politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya ialah mengenai penerbangan yg menerapkan media yang ekstra berat daripada udara serta secepatnya pd thn 1799 mencetuskan rencana dari kapal udara modern sebagaimana saat ini ini merupakan drag vector (searah dgn aliran ) bersama lift vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT BAMBU
George Cayley dan “Boy Carrier” 1849
Pd tahun 1804 Cayley merancang, mendirikan & menerbangkan sebuah glider skala kecil yang sudah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg dpt disesuaikan dengan menjelma acuan kapal udara hingga saat ini.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Tahun 1868
Momen yg bersejarah buat dunia penerbangan & perkembangan globalisasi kapal udara pd thn 1868 adalah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron sistem yang dia bagi tsb dioprasikan dgn tangan dengan kata lain secara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan perangkat pengendali penerbangan tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg mengulas detail dari kepakan sayap beserta kaidah terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada thn 1864. Biarpun strategi kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berguna tapi sebab dia beserta semua orang pada waktu itu kurang paham dengan akspek aerodynamics sehingga pesawat yg dia rancang nggak pernah berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Thn 1903
Pd tahun 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile beserta Wilbur Wright terbang dgn kapal biplane. Sejak kecil benar-benar ke dua saudara tsb menaruh afeksi lbh kepada keterampilan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yang telah dilengkapi dengan mesin material bakar bensin selama 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.