
MINIATUR PESAWAT KALSTAR
Dunia transportasi sudah sangat berkembang pada wkt ini. Dahulu perlu wkt lama bagi menjalankan perjalanan dengan memakaikan transportasi darat serta laut. Sebagai example perjalanan haji pd tahun 70an yg menggunakan kapal api sebagai perangkat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa ekstra dari 3 bulan. tapi saat ini berkat perkembangan digital transportasi penerbangan tenggang yang sama dpt ditempuh dalam masa 8 jam saja. Nggak mencengangkan seandainya pada masa ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan tenggang lama kelamaan pendek
Perkembangan pesawat terbang wkt ini tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh terdahulu. kendatipun masih ada perdebatan siapa yang nomor satu kali mendapatkan kapal udara tetapi sejarah perkembangan kapal udara masih tetep menarik untuk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT KALSTAR
Tahun 478 sm
Jikalau kapal terbang didefinisikan sbg benda yg ekstra berat dari udara namun dpt melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi merupakan penemu pertama. Dlm catatannya dia sudah menulis berkaitan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban alias Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yang dibuat dari bamboo bersama kayu yg bisa bertahan sampai 3 hari melayang nggak pake jatuh.
MINIATUR PESAWAT KALSTAR
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang tdk semua macam pesawat terbang, diantaranya kapal glider, helikopter & parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yang mendapatkan kelainan dlm mengartikan tulisan, prediksi bersama ide dgn cara normal tsb yg berkenaan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang sempat dia untuk sepanjang hidupnya dan beberapa besar belom sempat utk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkaitan terbang ini tergabung dalam Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia serta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. serta sebagian besar sudah diurus dalam bentuk replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT KALSTAR
Tahun 1783
Pd wkt ini pertama kali orang banyak memikirkan bagi terbang tak memakekan sayap namun menerapkan balon. Balon tsb diisi dengan gas Montgolfier yang pertama kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan kembang api dengan asap yang bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu pada waktu mereka mengetes membuang kertas & menangkap gas tersebut ke dalam tas beserta mendapatkan bahwa kantong tersebut mampu terbang sampai ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yg pertama kali menguji terbang dengan memakaikan balon udara tersebut adalah Jean Pilatre De Rozier. Dia ialah seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT KALSTAR

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada thn 1773 ialah bangsawan yg bisa dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dan termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan buat permasalah teknik, sosial dan politik di Inggris, namum minat terbesarnya yaitu mengenai penerbangan yang memakekan media yg ekstra berat daripada udara bersama ekspres pada thn 1799 mencetuskan tema dari pesawat udara modern semacam saat ini ini yakni drag vector (searah dengan aliran ) & lift vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT KALSTAR
George Cayley bersama “Boy Carrier” 1849
Pada thn 1804 Cayley merancang, mengembangkan dan menerbangkan sebuah glider skala kecil yg telah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg mampu disesuaikan dan menjadi acuan kapal udara hingga waktu ini.
MINIATUR PESAWAT KALSTAR
Tahun 1868
Momen yg bersejarah untuk dunia penerbangan & perkembangan modern kapal udara pd thn 1868 merupakan ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron cara yg dia bagi tersebut dioprasikan dgn tangan dengan kata lain scr otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan perlengkapan pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang mengulas detail dari kepakan sayap dengan kaidah terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pd thn 1864. Meskipun tutorial kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berguna tapi krn dia dengan seluruh orang pd saat itu kurang paham dgn akspek aerodynamics sehingga pesawat yg dia rancang enggak pernah berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT KALSTAR
Thn 1903
Pada thn 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile dengan Wilbur Wright terbang dgn kapal biplane. Sejak kecil sebenarnya kedua saudara tersebut menaruh atensi ekstra kepada keterampilan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalani penerbangan pertama di Kitti Hawk dgn kapal terbang layarnya yang sudah dilengkapi dgn mesin materi bakar bensin selama dua belas detik danmenempuh jarak 37 m.
