
MINIATUR PESAWAT KECIL
Dunia transportasi udah sangat berkembang pada waktu ini. Dahulu butuh masa lama bagi melaksanakan perjalanan dgn menggunakan transportasi darat serta laut. Sbg cth perjalanan haji pd thn 70an yang memakekan kapal api selaku peranti transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa ekstra dari 3 bulan. tapi saat ini berkat perkembangan modern transportasi penerbangan jarak yg dengan mampu ditempuh dalam wkt 8 jam saja. Nggak menarik hati bilamana pd masa ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan utk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan tenggang semakin pendek
Perkembangan pesawat terbang wkt ini enggak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. sekalipun masih ada polemik siapa yang nomor satu kali menemukan pesawat udara tetapi sejarah perkembangan kapal udara masih konstan menarik buat dipelajari.
MINIATUR PESAWAT KECIL
Thn 478 sm
Bila kapal terbang didefinisikan sebagai benda yg lebih berat dari udara tapi bisa melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dlm catatannya dia sempat mencatat berkaitan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dengan kata lain Gongshu Ban menciptakan layang-layang dlm wujud seekor burung yg dibuat dari bambu dan kayu yang mampu bertahan hingga 3 24 jam melayang minus jatuh.
MINIATUR PESAWAT KECIL
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang tdk semua variasi kapal terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter beserta parasut. Otput pemikiran ilmuan yang mempunyai kelainan dlm memahami tulisan, estimasi bersama rencana dgn cara normal tersebut yang berhubungan dengan dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang sudah dia buat sepanjang hidupnya beserta sebagian besar blm sempat utk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkenaan terbang ini terkumpul dalam Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia & Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. & nggak semua gede telah dirancang dalam rupa replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT KECIL
Thn 1783
Pd waktu ini nomor satu kali orang banyak memikirkan untuk terbang tak menggunakan sayap tapi memakaikan balon. Balon tsb diisi dengan gas Montgolfier yang kesatu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan kembang api serta asap yg bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu selagi mereka mencari jalan menghapuskan kertas beserta menangkap gas tsb ke dalam tas dan mendapatkan bahwa kantong tsb dpt terbang hingga ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yg pertama kali menguji terbang dengan memakekan balon udara tersebut yakni Jean Pilatre De Rozier. Dia ialah seorang ilmuan fisika yang juga tewas pada thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT KECIL

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya bagaikan Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada tahun 1773 merupakan bangsawan yg dpt dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier & termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan untuk permasalah teknik, sosial dan politik di Inggris, namum minat terbesarnya merupakan mengenai penerbangan yang menerapkan media yg ekstra berat daripada udara dan selekasnya pd tahun 1799 mencetuskan ide dari kapal udara modern sebagaimana kini ini ialah drag vector (searah dengan aliran ) & lift vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT KECIL
George Cayley dengan “Boy Carrier” 1849
Pada thn 1804 Cayley merancang, membangun beserta menerbangkan sebuah glider skala kecil yang telah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang bisa disesuaikan serta berubah acuan kapal udara hingga waktu ini.
MINIATUR PESAWAT KECIL
Thn 1868
Momen yg bersejarah bakal dunia navigasi udara & perkembangan modern kapal udara pd tahun 1868 yaitu ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron pola yg dia bagi tsb dioprasikan dengan tangan dgn kata lain scr otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat alat pengendali navigasi udara tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg studi detail dari kepakan sayap beserta strategi terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada thn 1864. Biarpun manual kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat tetapi sebab dia bersama semua orang pada saat itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics sehingga pesawat yg dia rancang tak pernah sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT KECIL
Tahun 1903
Pd tahun 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile beserta Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil memang kedua saudara tersebut menaruh atensi ekstra kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan navigasi udara nomor satu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yg sudah dilengkapi dengan mesin berbahan dasar bakar bensin sewaktu dua belas detik danmenempuh jarak 37 m.
