MINIATUR PESAWAT SRIWIJAYA AIR
Dunia transportasi udah sangat berkembang pada waktu ini. Dahulu kudu masa lama bakal melaksanakan perjalanan dgn menggunakan transportasi darat bersama laut. Sebagai example perjalanan haji pada tahun 70an yang menerapkan kapal api sebagai perkakas transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt ekstra dari 3 bulan. tetapi kini berkat perkembangan modern transportasi penerbangan tenggang yg sama sanggup ditempuh dalam wkt 8 jam saja. Enggak mengherankan jikalau pd saat ini kapal laut nggak lagi dipergunakan bakal mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan tenggang semakin pendek
Perkembangan kapal terbang waktu ini nggak terlepas dari tugas tokoh-tokoh terdahulu. sekalipun masih ada diskusi siapa yang pertama kali mendapatkan kapal udara tapi historis perkembangan pesawat udara masih tetep menarik utk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT SRIWIJAYA AIR
Thn 478 sm
Kalau pesawat terbang didefinisikan sbg benda yang extra berat dari udara tetapi mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dalam catatannya dia pernah menulis berkaitan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban alias Gongshu Ban menciptakan layang-layang dlm wujud seekor burung yang diurus dari bambu beserta kayu yang sanggup bertahan hingga 3 day melayang tanpa pakai jatuh.
MINIATUR PESAWAT SRIWIJAYA AIR
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang tdk semua variasi kapal terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter dengan parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yg memperoleh kelainan dalam mengerti tulisan, kalkulasi & rancangan secara normal tsb yg berkenaan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yang tahu dia buat sepanjang hidupnya & beberapa gede belum sempat bakal dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkenaan terbang ini tergabung dlm Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia beserta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. bersama tidak semua gede telah diproses dalam model replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT SRIWIJAYA AIR
Thn 1783
Pada waktu ini nomor satu kali org banyak memikirkan bagi terbang tidak menggunakan sayap namun memakekan balon. Balon tsb diisi dengan gas Montgolfier yang nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan kembang api bersama asap yang bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu tempo mereka mengecek membasmi kertas dengan menangkap gas tsb ke dlm tas beserta mendapatkan bahwa tas tersebut mampu terbang sampai ke langit-langit ruang mereka.
Orang yang pertama kali mengetes terbang dgn menerapkan balon udara tsb yaitu Jean Pilatre De Rozier. Dia yakni seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT SRIWIJAYA AIR

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya bagaikan Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pd thn 1773 adalah bangsawan yang dpt dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dan termaksuk orang terpelajar yang waktunya byk dihabiskan bakal permasalah teknik, sosial & politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya merupakan mengenai navigasi udara yg menerapkan media yg ekstra berat ketimbang udara dan ekspres pd thn 1799 mencetuskan ide dari pesawat udara modern sebagaimana sekarang ini adalah drag vector (searah dgn aliran ) dan lift vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT SRIWIJAYA AIR
George Cayley & “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, membangun dengan menerbangkan sebuah glider size kecil yg telah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang bisa disesuaikan serta menjadi acuan kapal udara hingga masa ini.
MINIATUR PESAWAT SRIWIJAYA AIR
Tahun 1868
Momen yang bersejarah untuk dunia penerbangan & perkembangan tekno pesawat udara pd tahun 1868 adalah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron proses yg dia bagi tersebut dioprasikan dgn tangan atau secara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat alat pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg menganalisa detail dari kepakan sayap & sistem terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada tahun 1864. Walaupun langkah kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi namun karena dia beserta seluruh orang pada masa itu kurang paham dgn akspek aerodynamics shg pesawat yg dia rancang enggak pernah sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT SRIWIJAYA AIR
Thn 1903
Pada thn 1903 utuk pertama kalinya Orvile & Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil sebenarnya kedua saudara tersebut menaruh perhatian ekstra kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan penerbangan pertama di Kitti Hawk dengan pesawat terbang layarnya yang sudah dilengkapi dengan mesin berbahan dasar bakar bensin selagi dua belas detik danmenempuh tenggang 37 m.
