MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Dunia transportasi sudah amat berkembang pada saat ini. Dahulu perlu wkt lama bagi menjalani perjalanan dgn memakaikan transportasi darat & laut. Selaku example perjalanan haji pada thn 70an yang memakekan kapal api sebagai alat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt lbh dari 3 bulan. tapi waktu ini berkat perkembangan modern transportasi navigasi udara jarak yang sama dpt ditempuh dlm waktu 8 jam saja. Tidak mengherankan seumpama pd masa ini kapal laut nggak lagi dipergunakan buat mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak lama kelamaan pendek
Perkembangan kapal terbang masa ini nggak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. meskipun masih ada perdebatan siapa yang nomor satu kali menjumpai pesawat udara namun historis perkembangan pesawat udara masih konstan menarik bagi dipelajari.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Tahun 478 sm
Seandainya kapal terbang didefinisikan bagaikan benda yg lebih berat dari udara tetapi dapat melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi adalah penemu pertama. Dlm catatannya dia sempat menulis berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban menciptakan layang-layang dalam wujud seekor burung yg dirancang dari bambu dan kayu yg bisa bertahan sampai 3 24 hour melayang nggak usah jatuh.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang nggak semua ragam pesawat terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dan parasut. Hasil pemikiran ilmuan yang mendapatkan kelainan dlm menafsirkan tulisan, perhitungan dan rencana scr normal tsb yang berkaitan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yg sempat dia buat sepanjang hidupnya dengan beberapa gede blm sempat buat dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkaitan terbang ini terkumpul dlm Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia beserta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dan nggak semua besar sudah diproses dalam tampilan replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Thn 1783
Pd waktu ini nomor satu kali orang-orang memikirkan bakal terbang tidak menggunakan sayap namun menerapkan balon. Balon tersebut diisi dengan gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan bunga api dengan asap yang bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu kala mereka mencari akal menghilangkan kertas serta menangkap gas tersebut ke dlm tas & menemukan bahwa tas tersebut mampu terbang sampai ke langit-langit kamar mereka.
Orang yang pertama kali menjajal terbang dgn menggunakan balon udara tsb merupakan Jean Pilatre De Rozier. Dia yaitu seorang ilmuan fisika yang juga tewas pada thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pada tahun 1773 merupakan bangsawan yg mampu dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier bersama termaksuk orang terpelajar yang waktunya byk dihabiskan buat permasalah teknik, sosial dengan politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya yaitu mengenai penerbangan yg menerapkan media yang extra berat ketimbang udara dan secepatnya pada thn 1799 mencetuskan konsepsi dari pesawat udara modern sebagaimana sekarang ini yaitu drag vector (searah dengan aliran ) dengan lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
George Cayley bersama “Boy Carrier” 1849
Pd tahun 1804 Cayley merancang, memperluas dan menerbangkan sebuah glider skala kecil yang sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang sanggup disesuaikan & menjadi acuan kapal udara hingga waktu ini.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Thn 1868
Momen yg bersejarah untuk dunia navigasi udara beserta perkembangan digital kapal udara pada thn 1868 merupakan ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron teknik yang dia untuk tsb dioprasikan dgn tangan alias dengan cara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menciptakan perkakas pengendali penerbangan tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang mengulas detail dari kepakan sayap serta cara terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pd tahun 1864. Kendatipun cara kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi tapi karna dia bersama semua orang pd saat itu kurang paham dengan akspek aerodynamics shg kapal yang dia rancang nggak sempat sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Thn 1903
Pada tahun 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile serta Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil benar-benar ke dua saudara tsb menaruh afeksi extra kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka mengerjakan navigasi udara kesatu di Kitti Hawk dengan pesawat terbang layarnya yg sudah dilengkapi dgn mesin berbahan bakar bensin semasa dua belas detik danmenempuh jarak 37 m.
