
MINIATUR PESAWAT GABUS
Dunia transportasi udah amat berkembang pada masa ini. Dahulu kudu waktu lama bagi menjalankan perjalanan dengan memakaikan transportasi darat dengan laut. Selaku example perjalanan haji pd tahun 70an yang memakaikan kapal api bagaikan alat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa extra dari 3 bulan. namun sekarang berkat perkembangan modern transportasi penerbangan tenggang yg sama dpt ditempuh dlm masa 8 jam saja. Enggak mengagumkan semisal pd saat ini kapal laut bagian enggak lagi dipergunakan buat mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan tenggang lama kelamaan pendek
Perkembangan pesawat terbang wkt ini nggak terlepas dari kapasitas tokoh-tokoh terdahulu. biarpun masih ada pertakian siapa yg pertama kali menemukan kapal udara tapi sejarah perkembangan pesawat udara masih teguh menarik untuk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT GABUS
Tahun 478 sm
Jikalau pesawat terbang didefinisikan sebagai benda yang ekstra berat dari udara tetapi mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dlm catatannya dia tahu mengarang berkenaan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban menciptakan layang-layang dlm wujud seekor burung yang diproduksi dari bamboo dengan kayu yg mampu bertahan sampai tiga 24 hour melayang nggak pake jatuh.
MINIATUR PESAWAT GABUS
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang nggak semua macam pesawat terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter dengan parasut. Otput pemikiran ilmuan yang memiliki kelainan dalam memahami tulisan, perhitungan serta sketsa secara normal tersebut yang berkaitan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yang sudah dia buat sepanjang hidupnya bersama sebagian gede belum sempat bakal dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkenaan terbang ini terakumulasi dlm Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia dan Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. serta tdk semua besar sudah dikerjakan dalam rupa replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT GABUS
Thn 1783
Pd masa ini pertama kali orang memikirkan untuk terbang nggak menerapkan sayap namun menerapkan balon. Balon tsb diisi dengan gas Montgolfier yang pertama kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan bunga api dan asap yang bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu ketika mereka menguji melenyapkan kertas beserta menangkap gas tersebut ke dlm tas dengan menemukan bahwa kantong tsb dapat terbang sampai ke langit-langit kamar mereka.
Orang yang pertama kali menguji terbang dgn menerapkan balon udara tersebut yaitu Jean Pilatre De Rozier. Dia adalah seorang ilmuan fisika yg juga tewas pada thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT GABUS

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sebagai Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada thn 1773 yaitu bangsawan yg mampu dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier serta termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan buat permasalah teknik, sosial beserta politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya yaitu berkenaan penerbangan yg memakaikan media yg extra berat ketimbang udara dan buru-buru pada tahun 1799 mencetuskan konsep dari pesawat udara modern sebagaimana waktu ini ini adalah drag vector (searah dengan aliran ) dengan eskalator vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT GABUS
George Cayley dengan “Boy Carrier” 1849
Pd thn 1804 Cayley merancang, mendirikan dengan menerbangkan sebuah glider skala kecil yg telah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg dpt disesuaikan & berubah acuan pesawat udara hingga saat ini.
MINIATUR PESAWAT GABUS
Tahun 1868
Momen yang bersejarah bagi dunia navigasi udara dengan perkembangan modern pesawat udara pada thn 1868 yakni ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron proses yg dia bagi tersebut dioprasikan dgn tangan alias secara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menciptakan perkakas pengendali navigasi udara tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang mengulas detail dari kepakan sayap dengan kaidah terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pada thn 1864. Sekalipun teknik kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti bermanfaat tapi krn dia dengan seluruh orang pada waktu itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics sehingga pesawat yang dia rancang tidak pernah berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT GABUS
Tahun 1903
Pada tahun 1903 utuk kesatu kalinya Orvile serta Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil kenyataannya ke 2 saudara tersebut menaruh perhatian lbh kepada ilmu penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka mengerjakan penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dgn kapal terbang layarnya yang telah dilengkapi dgn mesin materi bakar bensin selama 12 detik danmenempuh jarak 37 m.
