
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG BEKAS
Dunia transportasi udah sangat berkembang pd saat ini. Dahulu wajib waktu lama utk melakukan perjalanan dgn menggunakan transportasi darat bersama laut. Selaku example perjalanan haji pd tahun 70an yg menggunakan kapal api selaku perkakas transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt lbh dari 3 bulan. tetapi waktu ini berkat perkembangan globalisasi transportasi navigasi udara tenggang yang sama mampu ditempuh dalam masa 8 jam saja. Enggak memikat hati bila pada masa ini kapal laut bagian enggak lagi dipergunakan bagi mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan jarak semakin pendek
Perkembangan kapal terbang wkt ini enggak terlepas dari kapasitas tokoh-tokoh terdahulu. kendatipun masih ada pertakian siapa yang kesatu kali mendapatkan pesawat udara namun sejarah perkembangan pesawat udara masih teguh menarik bagi dipelajari.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG BEKAS
Thn 478 sm
Andaikan kapal terbang didefinisikan sebagai benda yg lebih berat dari udara namun bisa melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yakni penemu pertama. Dlm catatannya dia sempat menulis berkaitan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban atau Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yang dibuat dari bambu dan kayu yg dpt bertahan sampai tiga day melayang tanpa jatuh.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG BEKAS
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang beberapa macam kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter beserta parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yang mempunyai kelainan dlm mengartikan tulisan, kalkulasi dengan konsepsi dengan cara normal tsb yg berkaitan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang pernah dia bagi sepanjang hidupnya beserta tidak semua gede belum sempat bakal dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkaitan terbang ini terkumpul dlm Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia & Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. bersama tidak semua gede telah diproduksi dalam bentuk replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG BEKAS
Tahun 1783
Pd saat ini pertama kali orang-orang memikirkan bakal terbang nggak menerapkan sayap namun menggunakan balon. Balon tsb diisi dengan gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan tanaman api bersama asap yang bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu tatkala mereka menjajal membasmi kertas bersama menangkap gas tsb ke dlm tas bersama menjumpai bahwa tas tsb mampu terbang sampai ke langit-langit kamar mereka.
Orang yg pertama kali menguji terbang dengan menerapkan balon udara tsb yaitu Jean Pilatre De Rozier. Dia adalah seorang ilmuan fisika yg juga tewas pada thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG BEKAS

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pd tahun 1773 merupakan bangsawan yg dapat dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier & termaksuk orang terpelajar yg waktunya byk dihabiskan bakal permasalah teknik, sosial dan politik di Inggris, namum interes terbesarnya adalah mengenai navigasi udara yang menggunakan media yang extra berat daripada udara bersama segera pada thn 1799 mencetuskan draf dari kapal udara modern seperti kini ini yaitu drag vector (searah dengan aliran ) serta lift vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG BEKAS
George Cayley bersama “Boy Carrier” 1849
Pd tahun 1804 Cayley merancang, memperluas dengan menerbangkan sebuah glider skala kecil yg telah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg dpt disesuaikan dan menjelma acuan pesawat udara sampai waktu ini.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG BEKAS
Thn 1868
Momen yang bersejarah utk dunia navigasi udara dengan perkembangan modern pesawat udara pd thn 1868 ialah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron sistem yang dia buat tsb dioprasikan dengan tangan dengan kata lain scr otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat alat pengendali navigasi udara tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang studi detail dari kepakan sayap beserta cara terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pada thn 1864. Sungguhpun cara kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berguna tetapi krn dia bersama seluruh orang pada masa itu kurang mengerti dengan akspek aerodynamics shg kapal yg dia rancang enggak sudah berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG BEKAS
Tahun 1903
Pd thn 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile serta Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil memang kedua saudara tsb menaruh atensi ekstra kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka melaksanakan penerbangan pertama di Kitti Hawk dgn kapal terbang layarnya yg sudah dilengkapi dgn mesin berbahan bakar bensin selama 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.
