
MINIATUR PESAWAT F 16
Dunia transportasi sudah amat berkembang pd wkt ini. Dahulu perlu waktu lama bakal memperbuat perjalanan dengan menggunakan transportasi darat & laut. Selaku contoh perjalanan haji pd tahun 70an yang menggunakan kapal api bagaikan peranti transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa lebih dari 3 bulan. tetapi saat ini berkat perkembangan modern transportasi penerbangan jarak yg sama dapat ditempuh dalam wkt 8 jam saja. Tidak mengagumkan jikalau pada waktu ini kapal laut bagian nggak lagi dipergunakan bagi mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan tenggang makin lama pendek
Perkembangan pesawat terbang masa ini tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh terdahulu. meskipun masih ada polemik siapa yang nomor satu kali mendapatkan kapal udara tapi historis perkembangan kapal udara masih senantiasa menarik utk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT F 16
Thn 478 sm
Apabila kapal terbang didefinisikan sebagai benda yang ekstra berat dari udara tapi sanggup melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi merupakan penemu pertama. Dalam catatannya dia tahu mencatat berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dengan kata lain Gongshu Ban menghasilkan layang-layang dlm wujud seekor burung yg diurus dari bambu dan kayu yg mampu bertahan sampai tiga hari melayang nggak pake jatuh.
MINIATUR PESAWAT F 16
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang tidak semua ragam kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dan parasut. Otput pemikiran ilmuan yg memperoleh kelainan dlm mengerti tulisan, prediksi serta tema secara normal tersebut yg berkenaan dengan dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yg pernah dia buat sepanjang hidupnya serta sebagian besar belum sempat buat dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkenaan terbang ini terkumpul dlm Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia beserta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dan tdk semua besar sudah dikerjakan dlm tampilan replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT F 16
Thn 1783
Pd wkt ini kesatu kali org byk memikirkan untuk terbang nggak memakaikan sayap namun memakekan balon. Balon tsb diisi dgn gas Montgolfier yg kesatu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan kembang api bersama asap yang bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu ketika mereka menjajal menghapuskan kertas beserta menangkap gas tersebut ke dlm kantong & mendapatkan bahwa kantong tersebut bisa terbang sampai ke langit-langit kamar mereka.
Orang yg nomor satu kali berusaha terbang dgn memakekan balon udara tsb yakni Jean Pilatre De Rozier. Dia ialah seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT F 16

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pada thn 1773 yakni bangsawan yg dapat dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dengan termaksuk orang terpelajar yg waktunya byk dihabiskan utk permasalah teknik, sosial dengan politik di Inggris, namum interes terbesarnya adalah berhubungan penerbangan yang menerapkan media yg lebih berat daripada udara bersama ekspres pada tahun 1799 mencetuskan konsep dari kapal udara modern seperti sekarang ini ialah drag vector (searah dgn aliran ) dengan lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT F 16
George Cayley dengan “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, mengembangkan dengan menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yang sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dpt disesuaikan & menjadi acuan pesawat udara hingga masa ini.
MINIATUR PESAWAT F 16
Thn 1868
Momen yang bersejarah buat dunia penerbangan & perkembangan teknologi pesawat udara pada thn 1868 yaitu ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron teknik yg dia bagi tersebut dioprasikan dengan tangan atau dengan cara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat perangkat pengendali penerbangan tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang studi detail dari kepakan sayap dan aneka tips terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pada tahun 1864. Kendatipun program kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti bermanfaat tapi krn dia bersama semua orang pd waktu itu kurang paham dgn akspek aerodynamics sehingga kapal yg dia rancang tak sempat sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT F 16
Tahun 1903
Pd tahun 1903 utuk kesatu kalinya Orvile dan Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil emang ke dua saudara tersebut menaruh afeksi lebih kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalani navigasi udara kesatu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yg sudah dilengkapi dgn mesin materi bakar bensin semasa dua belas detik danmenempuh tenggang 37 m.
