
MINIATUR PESAWAT GARUDA INDONESIA
Dunia transportasi udah sangat berkembang pada waktu ini. Dahulu penting waktu lama bagi memperbuat perjalanan dgn menerapkan transportasi darat dengan laut. Sbg cth perjalanan haji pada thn 70an yg menggunakan kapal api sbg perkakas transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan waktu lbh dari 3 bulan. tapi masa ini berkat perkembangan globalisasi transportasi navigasi udara tenggang yg dengan bisa ditempuh dlm waktu 8 jam saja. Nggak memikat hati seandainya pd waktu ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak lama kelamaan pendek
Perkembangan kapal terbang saat ini enggak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. kendatipun masih ada perdebatan siapa yg kesatu kali menemukan pesawat udara tapi sejarah perkembangan pesawat udara masih tetap menarik buat dipelajari.
MINIATUR PESAWAT GARUDA INDONESIA
Thn 478 sm
Manakala pesawat terbang didefinisikan sebagai benda yg lbh berat dari udara namun mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dlm catatannya dia pernah mencatat berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dengan kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dlm wujud seekor burung yang diciptakan dari bamboo bersama kayu yg mampu bertahan hingga tiga hari melayang minus jatuh.
MINIATUR PESAWAT GARUDA INDONESIA
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang tdk semua variasi kapal terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter & parasut. Otput pemikiran ilmuan yg memperoleh kelainan dlm mengerti tulisan, prediksi bersama konsep dgn cara normal tersebut yg berhubungan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang tahu dia utk sepanjang hidupnya bersama beberapa besar blm sempat utk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkenaan terbang ini terkumpul dlm Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia bersama Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. serta tdk semua besar sudah dibuat dlm bentuk replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT GARUDA INDONESIA
Thn 1783
Pd waktu ini nomor satu kali orang banyak memikirkan bakal terbang enggak menerapkan sayap namun memakekan balon. Balon tsb diisi dengan gas Montgolfier yang nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan tanaman api beserta asap yg bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu selagi mereka mencari akal membuang kertas & menangkap gas tsb ke dlm kantong & menjumpai bahwa kantong tsb bisa terbang hingga ke langit-langit kamar mereka.
Orang yg nomor satu kali mencari akal terbang dengan menerapkan balon udara tsb yakni Jean Pilatre De Rozier. Dia adalah seorang ilmuan fisika yang juga tewas pada thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT GARUDA INDONESIA

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya sebagai Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pada thn 1773 ialah bangsawan yg mampu dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier & termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan bakal permasalah teknik, sosial dengan politik di Inggris, namum interes terbesarnya ialah tentang penerbangan yang memakaikan media yg ekstra berat daripada udara & selekasnya pd tahun 1799 mencetuskan konsep dari pesawat udara modern semacam kini ini merupakan drag vector (searah dengan aliran ) beserta lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT GARUDA INDONESIA
George Cayley dengan “Boy Carrier” 1849
Pd thn 1804 Cayley merancang, memperluas dan menerbangkan sebuah glider skala kecil yg sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang bisa disesuaikan beserta menjadi acuan pesawat udara hingga waktu ini.
MINIATUR PESAWAT GARUDA INDONESIA
Thn 1868
Momen yg bersejarah bagi dunia penerbangan serta perkembangan digital pesawat udara pada tahun 1868 merupakan ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron teknik yg dia bakal tersebut dioprasikan dengan tangan atau dgn cara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat perkakas pengendali penerbangan tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg studi detail dari kepakan sayap dengan arahan terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada thn 1864. Kendatipun teknik kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi tapi sebab dia beserta semua orang pd waktu itu kurang mengerti dengan akspek aerodynamics sehingga pesawat yang dia rancang nggak sempat berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT GARUDA INDONESIA
Thn 1903
Pada tahun 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile bersama Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil sebenarnya ke dua saudara tersebut menaruh afeksi lebih kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dengan pesawat terbang layarnya yang sudah dilengkapi dgn mesin berbahan dasar bakar bensin selama 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.
