
MINIATUR PESAWAT ANTONOV
Dunia transportasi udah amat berkembang pada wkt ini. Dahulu penting waktu lama buat memperbuat perjalanan dengan menerapkan transportasi darat serta laut. Sbg contoh perjalanan haji pd thn 70an yang memakaikan kapal api selaku peranti transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa extra dari 3 bulan. tetapi waktu ini berkat perkembangan tekno transportasi penerbangan tenggang yang dengan mampu ditempuh dalam masa 8 jam saja. Tak menakjubkan apabila pada saat ini kapal laut tak lagi dipergunakan buat mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan tenggang lama kelamaan pendek
Perkembangan pesawat terbang saat ini enggak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. walaupun masih ada polemik siapa yg nomor satu kali menemukan kapal udara tetapi sejarah perkembangan kapal udara masih konstan menarik bakal dipelajari.
MINIATUR PESAWAT ANTONOV
Thn 478 sm
Bila pesawat terbang didefinisikan selaku benda yg lebih berat dari udara tapi dpt melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yakni penemu pertama. Dlm catatannya dia sempat mengarang tentang penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban alias Gongshu Ban menghasilkan layang-layang dlm wujud seekor burung yg dirancang dari bambu dan kayu yg bisa bertahan sampai 3 24 hour melayang tanpa pakai jatuh.
MINIATUR PESAWAT ANTONOV
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang sebagian variasi pesawat terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dan parasut. Otput pemikiran ilmuan yang memperoleh kelainan dlm menginterpretasikan tulisan, prediksi serta rancangan dengan cara normal tersebut yang berkaitan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang sudah dia bagi sepanjang hidupnya dan nggak semua besar belom sempat bagi dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci tentang terbang ini terhimpun dlm Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia beserta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dan tidak semua gede sudah diciptakan dlm tampilan replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT ANTONOV
Tahun 1783
Pada saat ini pertama kali orang-orang memikirkan bakal terbang nggak memakaikan sayap tapi menggunakan balon. Balon tsb diisi dgn gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan kembang api dan asap yang bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu selagi mereka menjajal membasmi kertas & menangkap gas tsb ke dlm tas serta menjumpai bahwa kantong tsb mampu terbang hingga ke langit-langit ruang mereka.
Orang yang kesatu kali berusaha terbang dgn menggunakan balon udara tsb adalah Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yang juga tewas pada thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yg dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT ANTONOV

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya bagaikan Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada thn 1773 yaitu bangsawan yang dapat dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dan termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan bagi permasalah teknik, sosial serta politik di Inggris, namum interes terbesarnya ialah berkenaan navigasi udara yang menggunakan media yang extra berat daripada udara dengan buru-buru pd thn 1799 mencetuskan tema dari pesawat udara modern sebagaimana sekarang ini yaitu drag vector (searah dengan aliran ) & lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT ANTONOV
George Cayley beserta “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, membangun serta menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yg sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dapat disesuaikan & menjadi acuan pesawat udara hingga wkt ini.
MINIATUR PESAWAT ANTONOV
Tahun 1868
Momen yg bersejarah utk dunia navigasi udara serta perkembangan digital pesawat udara pada thn 1868 merupakan ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron panduan yg dia bakal tsb dioprasikan dengan tangan alias dgn cara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat perlengkapan pengendali navigasi udara tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang mengulas detail dari kepakan sayap dan manual terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada tahun 1864. Sekalipun teknik kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi namun sebab dia & semua orang pd wkt itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics sehingga pesawat yang dia rancang tidak sempat sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT ANTONOV
Tahun 1903
Pd tahun 1903 utuk pertama kalinya Orvile serta Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil emang ke dua saudara tsb menaruh atensi extra kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalani navigasi udara pertama di Kitti Hawk dgn kapal terbang layarnya yang sudah dilengkapi dgn mesin bahan bakar bensin selagi dua belas detik danmenempuh tenggang 37 m.
