
MINIATUR PESAWAT DARI STIK ES
Dunia transportasi sudah sangat berkembang pd waktu ini. Dahulu wajib waktu lama bagi menjalani perjalanan dengan memakaikan transportasi darat dan laut. Selaku cth perjalanan haji pd tahun 70an yang menggunakan kapal api selaku perlengkapan transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa lebih dari 3 bulan. tapi saat ini berkat perkembangan teknologi transportasi penerbangan tenggang yang sama sanggup ditempuh dalam masa 8 jam saja. Tidak memikat hati manakala pada wkt ini kapal laut nggak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan tenggang makin lama pendek
Perkembangan kapal terbang masa ini enggak terlepas dari kapasitas tokoh-tokoh terdahulu. sungguhpun masih ada pertakian siapa yang kesatu kali mendapatkan kapal udara namun sejarah perkembangan pesawat udara masih kukuh menarik bagi dipelajari.
MINIATUR PESAWAT DARI STIK ES
Tahun 478 sm
Semisal kapal terbang didefinisikan bagaikan benda yang lbh berat dari udara tapi dpt melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi adalah penemu pertama. Dalam catatannya dia tahu menulis mengenai penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban atau Gongshu Ban menciptakan layang-layang dlm wujud seekor burung yang dirancang dari bambu serta kayu yg bisa bertahan hingga 3 24 jam melayang tanpa jatuh.
MINIATUR PESAWAT DARI STIK ES
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang tdk semua rupa pesawat terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter & parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yang memiliki kelainan dalam menafsirkan tulisan, rekaan dengan draf scr normal tsb yang berhubungan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang pernah dia untuk sepanjang hidupnya & nggak semua gede belum sempat utk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berhubungan terbang ini terkumpul dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia serta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. & sebagian gede sudah diproses dlm jenis replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT DARI STIK ES
Tahun 1783
Pada waktu ini kesatu kali orang memikirkan untuk terbang enggak menggunakan sayap tapi menerapkan balon. Balon tersebut diisi dengan gas Montgolfier yang kesatu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan bunga api serta asap yang bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu tatkala mereka mengetes membuang kertas dan menangkap gas tsb ke dalam kantong dan menjumpai bahwa kantong tsb bisa terbang sampai ke langit-langit ruang mereka.
Orang yg nomor satu kali menjajal terbang dengan menerapkan balon udara tsb yakni Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yang juga tewas pada thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yg dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT DARI STIK ES

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada tahun 1773 merupakan bangsawan yang dpt dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dan termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan utk permasalah teknik, sosial serta politik di Inggris, namum interes terbesarnya yaitu berkenaan penerbangan yang memakaikan media yg lebih berat daripada udara & selekasnya pd thn 1799 mencetuskan rancangan dari kapal udara modern sebagaimana saat ini ini adalah drag vector (searah dengan aliran ) beserta lift vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT DARI STIK ES
George Cayley dan “Boy Carrier” 1849
Pd tahun 1804 Cayley merancang, mendirikan & menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yg sudah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg bisa disesuaikan bersama menjadi acuan kapal udara sampai wkt ini.
MINIATUR PESAWAT DARI STIK ES
Tahun 1868
Momen yg bersejarah buat dunia navigasi udara bersama perkembangan teknologi kapal udara pada tahun 1868 adalah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron arahan yang dia buat tersebut dioprasikan dgn tangan dengan kata lain dengan cara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat peranti pengendali navigasi udara tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg studi detail dari kepakan sayap serta proses terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pd thn 1864. Meskipun aturan kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat tapi karna dia & seluruh orang pd waktu itu kurang paham dgn akspek aerodynamics sehingga kapal yg dia rancang tidak sempat berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT DARI STIK ES
Tahun 1903
Pada thn 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile bersama Wilbur Wright terbang dengan pesawat biplane. Sejak kecil sebenarnya kedua saudara tsb menaruh perhatian lebih kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka memperbuat penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yg telah dilengkapi dgn mesin material bakar bensin selama 12 detik danmenempuh jarak 37 m.
