
MINIATUR PESAWAT CAPUNG
Dunia transportasi udah amat berkembang pd waktu ini. Dahulu butuh waktu lama buat memperbuat perjalanan dengan menerapkan transportasi darat dengan laut. Sbg example perjalanan haji pd tahun 70an yang memakekan kapal api bagaikan alat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt extra dari 3 bulan. tapi saat ini berkat perkembangan tekno transportasi navigasi udara tenggang yang dengan dapat ditempuh dalam masa 8 jam saja. Enggak mencengangkan apabila pada wkt ini kapal laut bagian nggak lagi dipergunakan bakal mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan tenggang semakin pendek
Perkembangan pesawat terbang saat ini enggak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. kendatipun masih ada silang pendapat siapa yang kesatu kali menjumpai kapal udara namun sejarah perkembangan pesawat udara masih selalu menarik bakal dipelajari.
MINIATUR PESAWAT CAPUNG
Thn 478 sm
Jika pesawat terbang didefinisikan sbg benda yang lbh berat dari udara tapi dapat melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dlm catatannya dia pernah mencatat berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yg diciptakan dari bamboo serta kayu yg mampu bertahan hingga 3 day melayang minus jatuh.
MINIATUR PESAWAT CAPUNG
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang tidak semua rupa kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dengan parasut. Otput pemikiran ilmuan yang mempunyai kelainan dalam mengartikan tulisan, perhitungan dan rencana dgn cara normal tsb yg berhubungan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yg sempat dia bagi sepanjang hidupnya dan sebagian gede blm sempat utk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkaitan terbang ini terkumpul dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia beserta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dengan tidak semua besar sudah diurus dlm rupa replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT CAPUNG
Tahun 1783
Pada masa ini kesatu kali org banyak memikirkan utk terbang tak menggunakan sayap tetapi menerapkan balon. Balon tsb diisi dgn gas Montgolfier yang nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan tanaman api dengan asap yang bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu tempo mereka mencari jalan menyingkirkan kertas & menangkap gas tsb ke dlm kantong beserta mendapatkan bahwa kantong tersebut dpt terbang hingga ke langit-langit kamar mereka.
Orang yg nomor satu kali mencari akal terbang dgn menggunakan balon udara tersebut ialah Jean Pilatre De Rozier. Dia adalah seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yg dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT CAPUNG

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya sebagai Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada tahun 1773 merupakan bangsawan yang dpt dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dan termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan buat permasalah teknik, sosial bersama politik di Inggris, namum minat terbesarnya merupakan tentang penerbangan yang menerapkan media yang extra berat daripada udara serta buru-buru pd tahun 1799 mencetuskan konsepsi dari pesawat udara modern seperti saat ini ini merupakan drag vector (searah dgn aliran ) & lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT CAPUNG
George Cayley dan “Boy Carrier” 1849
Pd tahun 1804 Cayley merancang, membangun & menerbangkan sebuah glider size kecil yang telah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dpt disesuaikan beserta menjadi acuan pesawat udara hingga wkt ini.
MINIATUR PESAWAT CAPUNG
Tahun 1868
Momen yang bersejarah bagi dunia penerbangan bersama perkembangan tekno pesawat udara pd thn 1868 yakni ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron prosedur yg dia bakal tsb dioprasikan dgn tangan dgn kata lain dengan cara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan perlengkapan pengendali penerbangan tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang menganalisa detail dari kepakan sayap & langkah terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada thn 1864. Walaupun manual kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi tetapi sebab dia dan semua orang pd wkt itu kurang mengerti dengan akspek aerodynamics sehingga kapal yg dia rancang nggak tahu sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT CAPUNG
Tahun 1903
Pd thn 1903 utuk pertama kalinya Orvile beserta Wilbur Wright terbang dgn kapal biplane. Sejak kecil benar-benar ke 2 saudara tsb menaruh perhatian lebih kepada keterampilan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka memperbuat penerbangan kesatu di Kitti Hawk dengan kapal terbang layarnya yg telah dilengkapi dgn mesin berbahan dasar bakar bensin selama 12 detik danmenempuh jarak 37 m.
