
EXPEDITION MINIATUR PESAWAT
Dunia transportasi sudah amat berkembang pd waktu ini. Dahulu wajib masa lama bagi memperbuat perjalanan dengan menggunakan transportasi darat beserta laut. Selaku cth perjalanan haji pada tahun 70an yang menggunakan kapal api bagaikan peranti transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt lebih dari 3 bulan. tetapi masa ini berkat perkembangan modern transportasi navigasi udara jarak yg sama dapat ditempuh dlm wkt 8 jam saja. Enggak memikat hati seumpama pd masa ini kapal laut bagian enggak lagi dipergunakan buat mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak semakin pendek
Perkembangan kapal terbang wkt ini tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh terdahulu. meskipun masih ada perdebatan siapa yg kesatu kali menjumpai pesawat udara namun sejarah perkembangan pesawat udara masih kukuh menarik bagi dipelajari.
EXPEDITION MINIATUR PESAWAT
Thn 478 sm
Misalnya pesawat terbang didefinisikan sebagai benda yang ekstra berat dari udara namun bisa melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi adalah penemu pertama. Dlm catatannya dia sudah menulis berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban alias Gongshu Ban membuat layang-layang dlm wujud seekor burung yang diproses dari bambu serta kayu yg mampu bertahan hingga tiga day melayang minus jatuh.
EXPEDITION MINIATUR PESAWAT
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang beberapa rupa pesawat terbang, diantaranya kapal glider, helikopter beserta parasut. Hasil pemikiran ilmuan yang memiliki kelainan dlm menginterpretasikan tulisan, prediksi beserta tema secara normal tersebut yang berkaitan dengan dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yg tahu dia untuk sepanjang hidupnya & nggak semua gede belum sempat bagi dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berhubungan terbang ini terakumulasi dlm Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia dan Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. & tidak semua gede telah dikerjakan dlm rupa replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
EXPEDITION MINIATUR PESAWAT
Thn 1783
Pd masa ini nomor satu kali orang-orang memikirkan utk terbang tidak menggunakan sayap namun menggunakan balon. Balon tersebut diisi dgn gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan tanaman api dengan asap yang bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu tempo mereka menguji melenyapkan kertas dengan menangkap gas tsb ke dalam kantong dengan menemukan bahwa kantong tersebut bisa terbang sampai ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yg kesatu kali mencoba terbang dgn memakaikan balon udara tsb ialah Jean Pilatre De Rozier. Dia yakni seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
EXPEDITION MINIATUR PESAWAT

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya selaku Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada thn 1773 yakni bangsawan yg dpt dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dengan termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan utk permasalah teknik, sosial serta politik di Inggris, namum interes terbesarnya ialah tentang penerbangan yg memakaikan media yang lbh berat daripada udara dan ekspres pd tahun 1799 mencetuskan draf dari pesawat udara modern seperti masa ini ini yakni drag vector (searah dgn aliran ) dengan eskalator vector (tegak lurus dengan aliran).
EXPEDITION MINIATUR PESAWAT
George Cayley dengan “Boy Carrier” 1849
Pd thn 1804 Cayley merancang, mendirikan dan menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yg sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg dpt disesuaikan bersama menjadi acuan pesawat udara hingga waktu ini.
EXPEDITION MINIATUR PESAWAT
Tahun 1868
Momen yg bersejarah buat dunia navigasi udara & perkembangan globalisasi pesawat udara pada thn 1868 adalah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron aturan yg dia buat tersebut dioprasikan dgn tangan atau dgn cara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat peranti pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang menganalisa detail dari kepakan sayap dan tutorial terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pd tahun 1864. Meskipun proses kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berguna tetapi sebab dia bersama semua orang pd waktu itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics shg kapal yg dia rancang enggak sudah sukses terbang.
EXPEDITION MINIATUR PESAWAT
Tahun 1903
Pada tahun 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile serta Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil benar-benar ke dua saudara tersebut menaruh perhatian lebih kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka memperbuat penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dengan pesawat terbang layarnya yang sudah dilengkapi dgn mesin material bakar bensin selama 12 detik danmenempuh jarak 37 m.
