
MINIATUR PESAWAT QANTAS
Dunia transportasi udah amat berkembang pd waktu ini. Dahulu butuh waktu lama bagi melaksanakan perjalanan dgn memakaikan transportasi darat & laut. Sbg example perjalanan haji pada tahun 70an yang memakaikan kapal api selaku alat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan waktu lebih dari 3 bulan. tetapi waktu ini berkat perkembangan tekno transportasi navigasi udara tenggang yg sama sanggup ditempuh dlm masa 8 jam saja. Tak mencengangkan sekiranya pada masa ini kapal laut tak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan tenggang semakin pendek
Perkembangan pesawat terbang masa ini tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh terdahulu. meskipun masih ada dialog siapa yg pertama kali menjumpai pesawat udara namun sejarah perkembangan pesawat udara masih konstan menarik bakal dipelajari.
MINIATUR PESAWAT QANTAS
Thn 478 sm
Semisal pesawat terbang didefinisikan sebagai benda yg lebih berat dari udara namun dapat melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yaitu penemu pertama. Dalam catatannya dia sempat mencatat tentang penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban alias Gongshu Ban menciptakan layang-layang dalam wujud seekor burung yang dibuat dari bamboo serta kayu yang dapat bertahan sampai tiga 24 hour melayang tanpa jatuh.
MINIATUR PESAWAT QANTAS
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang tidak semua macam pesawat terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter serta parasut. Hasil pemikiran ilmuan yg memperoleh kelainan dlm mengetahui tulisan, estimasi dan rancangan dgn cara normal tsb yang berhubungan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang sudah dia utk sepanjang hidupnya beserta nggak semua gede belom sempat bagi dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci mengenai terbang ini tergabung dalam Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia dan Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. beserta nggak semua gede sudah diciptakan dlm tampilan replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT QANTAS
Thn 1783
Pada masa ini pertama kali org banyak memikirkan utk terbang tidak menerapkan sayap namun menerapkan balon. Balon tersebut diisi dengan gas Montgolfier yang kesatu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan bunga api dengan asap yg bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu kala mereka mengetes melenyapkan kertas bersama menangkap gas tersebut ke dalam tas serta menjumpai bahwa tas tersebut bisa terbang sampai ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yg kesatu kali menguji terbang dengan menggunakan balon udara tsb ialah Jean Pilatre De Rozier. Dia yaitu seorang ilmuan fisika yang juga tewas pada tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT QANTAS

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya bagaikan Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pd tahun 1773 yakni bangsawan yang sanggup dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier bersama termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan utk permasalah teknik, sosial dengan politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya ialah tentang navigasi udara yang memakaikan media yang lbh berat daripada udara serta secepatnya pd thn 1799 mencetuskan rencana dari pesawat udara modern sebagaimana saat ini ini adalah drag vector (searah dgn aliran ) bersama lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT QANTAS
George Cayley beserta “Boy Carrier” 1849
Pd thn 1804 Cayley merancang, memperluas & menerbangkan sebuah glider skala kecil yg telah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg dapat disesuaikan serta berubah acuan kapal udara hingga wkt ini.
MINIATUR PESAWAT QANTAS
Tahun 1868
Momen yg bersejarah buat dunia penerbangan serta perkembangan modern pesawat udara pd tahun 1868 merupakan ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron bimbingan yg dia untuk tersebut dioprasikan dengan tangan alias secara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat perlengkapan pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang menganalisa detail dari kepakan sayap serta cara terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pd thn 1864. Sungguhpun panduan kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat namun krn dia beserta semua orang pd waktu itu kurang mengerti dengan akspek aerodynamics sehingga kapal yang dia rancang tidak tahu berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT QANTAS
Tahun 1903
Pada thn 1903 utuk pertama kalinya Orvile dan Wilbur Wright terbang dengan pesawat biplane. Sejak kecil benar-benar ke dua saudara tersebut menaruh afeksi lbh kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yang telah dilengkapi dgn mesin bahan bakar bensin selama dua belas detik danmenempuh jarak 37 m.
