
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Dunia transportasi sudah amat berkembang pada saat ini. Dahulu penting waktu lama bagi menjalani perjalanan dengan menggunakan transportasi darat serta laut. Sebagai contoh perjalanan haji pd tahun 70an yang menggunakan kapal api sbg perkakas transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt lebih dari 3 bulan. namun sekarang berkat perkembangan teknologi transportasi navigasi udara jarak yg sama bisa ditempuh dalam wkt 8 jam saja. Nggak mencengangkan andaikata pada saat ini kapal laut bagian nggak lagi dipergunakan bakal mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak makin lama pendek
Perkembangan pesawat terbang saat ini tak terlepas dari peran tokoh-tokoh terdahulu. biarpun masih ada perdebatan siapa yang nomor satu kali menjumpai pesawat udara tapi sejarah perkembangan kapal udara masih kukuh menarik bagi dipelajari.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Thn 478 sm
Seumpama pesawat terbang didefinisikan sbg benda yg lbh berat dari udara tetapi dpt melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi merupakan penemu pertama. Dlm catatannya dia sempat menulis tentang penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban alias Gongshu Ban menciptakan layang-layang dlm wujud seekor burung yang diproses dari bambu dengan kayu yang dapat bertahan hingga 3 hari melayang nggak usah jatuh.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang tdk semua variasi kapal terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter serta parasut. Otput pemikiran ilmuan yg mendapatkan kelainan dlm menginterpretasikan tulisan, prediksi dengan konsepsi secara normal tersebut yang berhubungan dengan dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yg sudah dia utk sepanjang hidupnya serta tidak semua besar belum sempat untuk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci tentang terbang ini terhimpun dlm Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia beserta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. beserta sebagian gede telah diciptakan dalam rupa replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Thn 1783
Pada waktu ini kesatu kali org byk memikirkan bagi terbang tidak memakekan sayap namun menggunakan balon. Balon tsb diisi dgn gas Montgolfier yang nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan tanaman api serta asap yang bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu ketika mereka mencari akal membasmi kertas dan menangkap gas tsb ke dlm kantong dengan menjumpai bahwa kantong tersebut mampu terbang hingga ke langit-langit kamar mereka.
Orang yang pertama kali mengecek terbang dengan memakekan balon udara tsb yakni Jean Pilatre De Rozier. Dia yakni seorang ilmuan fisika yang juga tewas pada tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya selaku Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada tahun 1773 yakni bangsawan yg mampu dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier & termaksuk orang terpelajar yg waktunya byk dihabiskan bakal permasalah teknik, sosial & politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya ialah tentang penerbangan yg menggunakan media yang lebih berat daripada udara bersama ekspres pada tahun 1799 mencetuskan konsepsi dari kapal udara modern semacam waktu ini ini adalah drag vector (searah dgn aliran ) dengan lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
George Cayley & “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, mendirikan beserta menerbangkan sebuah glider skala kecil yg telah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang mampu disesuaikan dan berubah acuan pesawat udara hingga saat ini.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Thn 1868
Momen yg bersejarah buat dunia penerbangan dan perkembangan modern pesawat udara pada tahun 1868 yaitu ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron tips yg dia bagi tsb dioprasikan dgn tangan atau dengan cara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan perkakas pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang studi detail dari kepakan sayap bersama arahan terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pd thn 1864. Kendatipun strategi kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat tetapi krn dia & seluruh orang pd masa itu kurang paham dengan akspek aerodynamics shg pesawat yg dia rancang tak sempat berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT PENUMPANG
Thn 1903
Pada tahun 1903 utuk pertama kalinya Orvile dan Wilbur Wright terbang dgn kapal biplane. Sejak kecil emang kedua saudara tsb menaruh perhatian ekstra kepada keterampilan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka mengerjakan penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dengan kapal terbang layarnya yg sudah dilengkapi dengan mesin materi bakar bensin sewaktu dua belas detik danmenempuh jarak 37 m.
