
MINIATUR PESAWAT LATIH
Dunia transportasi udah sangat berkembang pd wkt ini. Dahulu butuh masa lama utk menjalani perjalanan dgn menerapkan transportasi darat & laut. Bagaikan example perjalanan haji pd thn 70an yg memakekan kapal api sebagai perkakas transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa ekstra dari 3 bulan. namun waktu ini berkat perkembangan digital transportasi navigasi udara jarak yang dengan bisa ditempuh dalam wkt 8 jam saja. Tidak menarik hati kalau pd saat ini kapal laut enggak lagi dipergunakan bagi mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan tenggang semakin pendek
Perkembangan kapal terbang saat ini nggak terlepas dari tugas tokoh-tokoh terdahulu. walaupun masih ada polemik siapa yang pertama kali menemukan kapal udara tetapi historis perkembangan pesawat udara masih senantiasa menarik bagi dipelajari.
MINIATUR PESAWAT LATIH
Thn 478 sm
Bilamana pesawat terbang didefinisikan sbg benda yg lebih berat dari udara tapi dpt melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi merupakan penemu pertama. Dlm catatannya dia tahu mencatat mengenai penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dengan kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yg diurus dari bambu beserta kayu yang bisa bertahan hingga tiga 24 hour melayang tanpa jatuh.
MINIATUR PESAWAT LATIH
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang tdk semua macam pesawat terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter & parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yg memiliki kelainan dlm menafsirkan tulisan, kalkulasi & konsepsi dengan cara normal tsb yang berkaitan dengan dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yg sudah dia untuk sepanjang hidupnya & tdk semua gede belum sempat untuk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci mengenai terbang ini terhimpun dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia bersama Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. bersama tidak semua besar sudah dikerjakan dalam model replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT LATIH
Tahun 1783
Pada wkt ini kesatu kali orang-orang memikirkan buat terbang nggak memakekan sayap tapi memakekan balon. Balon tersebut diisi dgn gas Montgolfier yang pertama kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan bunga api dengan asap yang bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu tempo mereka berusaha membasmi kertas bersama menangkap gas tersebut ke dlm tas dengan menemukan bahwa tas tersebut dpt terbang hingga ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yg nomor satu kali menjajal terbang dgn menerapkan balon udara tersebut adalah Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT LATIH

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya bagaikan Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pd tahun 1773 yakni bangsawan yang mampu dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier beserta termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan buat permasalah teknik, sosial dengan politik di Inggris, namum minat terbesarnya yakni tentang penerbangan yg menerapkan media yg lebih berat ketimbang udara serta buru-buru pd thn 1799 mencetuskan konsepsi dari pesawat udara modern seperti sekarang ini merupakan drag vector (searah dgn aliran ) dan lift vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT LATIH
George Cayley bersama “Boy Carrier” 1849
Pada thn 1804 Cayley merancang, membangun bersama menerbangkan sebuah glider size kecil yang telah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang bisa disesuaikan serta menjadi acuan kapal udara sampai wkt ini.
MINIATUR PESAWAT LATIH
Tahun 1868
Momen yg bersejarah bagi dunia penerbangan serta perkembangan tekno pesawat udara pd tahun 1868 yakni ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron arahan yang dia utk tersebut dioprasikan dengan tangan dengan kata lain dgn cara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan alat pengendali penerbangan tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang studi detail dari kepakan sayap dan tata cara terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pd tahun 1864. Walaupun tutorial kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat tapi sebab dia beserta seluruh orang pada masa itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics sehingga kapal yg dia rancang tidak pernah berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT LATIH
Thn 1903
Pd tahun 1903 utuk pertama kalinya Orvile dan Wilbur Wright terbang dgn kapal biplane. Sejak kecil sebenarnya ke dua saudara tsb menaruh atensi lebih kepada ilmu penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka melaksanakan penerbangan pertama di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yang telah dilengkapi dgn mesin bahan bakar bensin semasa dua belas detik danmenempuh tenggang 37 m.
