
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Dunia transportasi udah amat berkembang pada wkt ini. Dahulu mesti waktu lama utk melaksanakan perjalanan dengan menerapkan transportasi darat & laut. Bagaikan cth perjalanan haji pada thn 70an yg menggunakan kapal api bagaikan perkakas transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan waktu extra dari 3 bulan. namun masa ini berkat perkembangan globalisasi transportasi penerbangan jarak yg sama dpt ditempuh dlm wkt 8 jam saja. Nggak menarik hati kalau pd saat ini kapal laut bagian tidak lagi dipergunakan bakal mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak lama kelamaan pendek
Perkembangan pesawat terbang masa ini tak terlepas dari tugas tokoh-tokoh terdahulu. meskipun masih ada pertakian siapa yang kesatu kali menemukan pesawat udara tapi historis perkembangan kapal udara masih senantiasa menarik buat dipelajari.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Tahun 478 sm
Kalau kapal terbang didefinisikan bagaikan benda yg lebih berat dari udara tapi dapat melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yaitu penemu pertama. Dalam catatannya dia sudah mengarang berkenaan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dengan kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dlm wujud seekor burung yang diproduksi dari bambu serta kayu yang bisa bertahan hingga 3 day melayang tanpa jatuh.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang sebagian ragam pesawat terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dengan parasut. Hasil pemikiran ilmuan yang mempunyai kelainan dlm mengetahui tulisan, perhitungan bersama ide dgn cara normal tsb yg berkaitan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yg pernah dia utk sepanjang hidupnya serta sebagian besar belum sempat bakal dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkenaan terbang ini terhimpun dalam Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia bersama Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dengan tdk semua gede sudah dirancang dlm tipe replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Tahun 1783
Pada waktu ini nomor satu kali orang banyak memikirkan bagi terbang nggak menggunakan sayap tapi memakaikan balon. Balon tsb diisi dgn gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan tanaman api beserta asap yg bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu pada waktu mereka mengecek membuang kertas dengan menangkap gas tersebut ke dlm kantong & mendapatkan bahwa tas tsb dapat terbang hingga ke langit-langit kamar mereka.
Orang yg pertama kali berupaya terbang dgn memakekan balon udara tersebut yaitu Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yang dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya sebagai Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pd tahun 1773 ialah bangsawan yang mampu dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier beserta termaksuk orang terpelajar yg waktunya byk dihabiskan untuk permasalah teknik, sosial dengan politik di Inggris, namum minat terbesarnya merupakan tentang navigasi udara yg menerapkan media yang lbh berat ketimbang udara dan secepatnya pada tahun 1799 mencetuskan tema dari kapal udara modern semacam kini ini ialah drag vector (searah dgn aliran ) serta lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
George Cayley & “Boy Carrier” 1849
Pada thn 1804 Cayley merancang, mengembangkan dan menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yg telah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dapat disesuaikan bersama menjelma acuan kapal udara sampai wkt ini.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Thn 1868
Momen yang bersejarah bakal dunia navigasi udara & perkembangan tekno pesawat udara pd thn 1868 yakni ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron prosedur yg dia bagi tersebut dioprasikan dengan tangan atau secara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan alat pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg mengulas detail dari kepakan sayap serta arahan terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada thn 1864. Sungguhpun program kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi namun sebab dia dan semua orang pd waktu itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics shg pesawat yang dia rancang enggak tahu sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT BOEING 747
Tahun 1903
Pada thn 1903 utuk pertama kalinya Orvile beserta Wilbur Wright terbang dengan pesawat biplane. Sejak kecil memang ke dua saudara tsb menaruh perhatian ekstra kepada ilmu penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka melaksanakan penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dgn kapal terbang layarnya yang sudah dilengkapi dengan mesin berbahan bakar bensin selama dua belas detik danmenempuh tenggang 37 m.
