
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Dunia transportasi udah sangat berkembang pada wkt ini. Dahulu wajib waktu lama bakal memperbuat perjalanan dgn menggunakan transportasi darat serta laut. Sebagai cth perjalanan haji pd tahun 70an yg menerapkan kapal api sebagai alat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa lbh dari 3 bulan. tapi masa ini berkat perkembangan tekno transportasi penerbangan tenggang yang sama bisa ditempuh dalam waktu 8 jam saja. Tak mengagumkan bilamana pada waktu ini kapal laut bagian enggak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak lama kelamaan pendek
Perkembangan kapal terbang saat ini tidak terlepas dari tugas tokoh-tokoh terdahulu. walaupun masih ada polemik siapa yang kesatu kali mendapatkan kapal udara tetapi historis perkembangan kapal udara masih teguh menarik untuk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Thn 478 sm
Seumpama pesawat terbang didefinisikan sebagai benda yg lbh berat dari udara tapi dpt melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yakni penemu pertama. Dalam catatannya dia sempat menulis mengenai penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yang diurus dari bamboo serta kayu yang sanggup bertahan hingga 3 hari melayang nggak pake jatuh.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang tdk semua rupa kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dengan parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yg memperoleh kelainan dlm mengartikan tulisan, estimasi beserta rancangan dgn cara normal tersebut yang berkenaan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yg sudah dia bagi sepanjang hidupnya dan tidak semua gede blm sempat utk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkaitan terbang ini terakumulasi dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia serta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dan beberapa besar telah diciptakan dalam model replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Tahun 1783
Pada wkt ini kesatu kali org byk memikirkan utk terbang tidak menerapkan sayap namun menggunakan balon. Balon tsb diisi dengan gas Montgolfier yg pertama kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan kembang api serta asap yang bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu tempo mereka mencari akal menghapuskan kertas dengan menangkap gas tersebut ke dalam tas dengan menemukan bahwa kantong tersebut sanggup terbang hingga ke langit-langit ruang mereka.
Orang yang kesatu kali mengetes terbang dengan memakaikan balon udara tsb yaitu Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yg juga tewas pada tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT BAMBU

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sebagai Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada thn 1773 adalah bangsawan yang bisa dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier beserta termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan bagi permasalah teknik, sosial bersama politik di Inggris, namum minat terbesarnya yaitu tentang navigasi udara yang menggunakan media yang extra berat daripada udara & buru-buru pd tahun 1799 mencetuskan konsep dari kapal udara modern semacam waktu ini ini adalah drag vector (searah dgn aliran ) dengan eskalator vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT BAMBU
George Cayley beserta “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, ekspansi serta menerbangkan sebuah glider skala kecil yg telah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dapat disesuaikan beserta menjadi acuan kapal udara hingga wkt ini.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Thn 1868
Momen yang bersejarah bakal dunia penerbangan & perkembangan teknologi pesawat udara pd tahun 1868 adalah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron manual yg dia bagi tersebut dioprasikan dgn tangan dengan kata lain dgn cara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat perangkat pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg mengulas detail dari kepakan sayap & cara terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pd thn 1864. Sungguhpun cara kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat tapi karena dia & semua orang pd wkt itu kurang paham dengan akspek aerodynamics sehingga pesawat yg dia rancang enggak tahu berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT BAMBU
Tahun 1903
Pd thn 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile beserta Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil emang ke 2 saudara tersebut menaruh perhatian extra kepada ilmu penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan navigasi udara pertama di Kitti Hawk dengan pesawat terbang layarnya yang sudah dilengkapi dengan mesin material bakar bensin selagi dua belas detik danmenempuh jarak 37 m.
