DIECAST PESAWAT DI BANDUNG
Dunia transportasi udah amat berkembang pd masa ini. Dahulu perlu wkt lama untuk melakukan perjalanan dengan menerapkan transportasi darat dan laut. Sbg example perjalanan haji pd thn 70an yang memakaikan kapal api sebagai perlengkapan transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt lebih dari 3 bulan. tetapi saat ini berkat perkembangan teknologi transportasi penerbangan jarak yang sama sanggup ditempuh dalam wkt 8 jam saja. Tidak memikat hati manakala pada masa ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan buat mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan tenggang lama kelamaan pendek
Perkembangan pesawat terbang waktu ini enggak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. kendatipun masih ada pertakian siapa yang nomor satu kali mendapatkan pesawat udara tetapi sejarah perkembangan pesawat udara masih teguh menarik untuk dipelajari.
DIECAST PESAWAT DI BANDUNG
Tahun 478 sm
Jika pesawat terbang didefinisikan sbg benda yg ekstra berat dari udara namun mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dlm catatannya dia sempat mencatat berkaitan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban alias Gongshu Ban membuat layang-layang dlm wujud seekor burung yg dirancang dari bambu dengan kayu yg dpt bertahan sampai tiga 24 jam melayang nggak pake jatuh.
DIECAST PESAWAT DI BANDUNG
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang beberapa rupa pesawat terbang, diantaranya kapal glider, helikopter serta parasut. Otput pemikiran ilmuan yg mendapatkan kelainan dalam mengartikan tulisan, taksiran dengan konsep secara normal tsb yang berkenaan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang tahu dia bagi sepanjang hidupnya dengan tdk semua gede blm sempat utk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci tentang terbang ini tergabung dalam Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia bersama Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. serta beberapa gede sudah diciptakan dalam jenis replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
DIECAST PESAWAT DI BANDUNG
Thn 1783
Pd waktu ini kesatu kali org byk memikirkan buat terbang tidak memakaikan sayap tapi menerapkan balon. Balon tersebut diisi dengan gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan kembang api dengan asap yang bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu selagi mereka menguji menyingkirkan kertas dengan menangkap gas tersebut ke dlm tas bersama mendapatkan bahwa kantong tersebut dpt terbang hingga ke langit-langit ruang mereka.
Orang yang pertama kali menjajal terbang dengan menggunakan balon udara tsb yakni Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yg juga tewas pada tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dalam percobaan terbang.
DIECAST PESAWAT DI BANDUNG
Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pd thn 1773 yakni bangsawan yang dpt dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier beserta termaksuk orang terpelajar yg waktunya byk dihabiskan utk permasalah teknik, sosial serta politik di Inggris, namum minat terbesarnya yakni berkenaan penerbangan yang menggunakan media yg ekstra berat daripada udara dengan buru-buru pd thn 1799 mencetuskan draf dari pesawat udara modern seperti waktu ini ini adalah drag vector (searah dengan aliran ) & lift vector (tegak lurus dgn aliran).
DIECAST PESAWAT DI BANDUNG
George Cayley dan “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, mendirikan dan menerbangkan sebuah glider size kecil yang sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg mampu disesuaikan & menjelma acuan kapal udara sampai waktu ini.
DIECAST PESAWAT DI BANDUNG
Thn 1868
Momen yg bersejarah utk dunia penerbangan dengan perkembangan teknologi pesawat udara pada tahun 1868 adalah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron bimbingan yang dia buat tersebut dioprasikan dengan tangan dgn kata lain dgn cara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menciptakan perlengkapan pengendali penerbangan tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang menganalisa detail dari kepakan sayap & sistem terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pada thn 1864. Kendatipun panduan kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat namun karna dia dan seluruh orang pd saat itu kurang mengerti dengan akspek aerodynamics shg pesawat yg dia rancang tak pernah sukses terbang.
DIECAST PESAWAT DI BANDUNG
Tahun 1903
Pd thn 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile serta Wilbur Wright terbang dengan pesawat biplane. Sejak kecil memang ke dua saudara tsb menaruh perhatian ekstra kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan navigasi udara kesatu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yg sudah dilengkapi dgn mesin material bakar bensin semasa 12 detik danmenempuh jarak 37 m.