MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Dunia transportasi sudah amat berkembang pd saat ini. Dahulu harus wkt lama untuk melaksanakan perjalanan dgn menggunakan transportasi darat dengan laut. Bagaikan cth perjalanan haji pd tahun 70an yang menggunakan kapal api selaku alat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt extra dari 3 bulan. tetapi masa ini berkat perkembangan globalisasi transportasi navigasi udara tenggang yg sama bisa ditempuh dalam waktu 8 jam saja. Nggak mengherankan seumpama pd saat ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan buat mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan jarak makin lama pendek
Perkembangan kapal terbang waktu ini tidak terlepas dari tugas tokoh-tokoh terdahulu. walaupun masih ada silang pendapat siapa yg kesatu kali menemukan pesawat udara tetapi sejarah perkembangan pesawat udara masih teguh menarik utk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Tahun 478 sm
Bilamana kapal terbang didefinisikan sebagai benda yg extra berat dari udara tapi bisa melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dalam catatannya dia sudah mencatat berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban atau Gongshu Ban menciptakan layang-layang dalam wujud seekor burung yang diproduksi dari bamboo serta kayu yg dapat bertahan sampai 3 hari melayang nggak pake jatuh.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang nggak semua variasi kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dengan parasut. Otput pemikiran ilmuan yg memperoleh kelainan dalam mengetahui tulisan, estimasi beserta konsep dgn cara normal tsb yang berhubungan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang sempat dia bakal sepanjang hidupnya serta beberapa besar belom sempat bakal dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkenaan terbang ini terkumpul dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia bersama Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. beserta tidak semua besar telah dirancang dlm bentuk replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Thn 1783
Pd masa ini pertama kali orang-orang memikirkan buat terbang tak memakekan sayap tetapi memakekan balon. Balon tersebut diisi dengan gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan tanaman api dan asap yang bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu tempo mereka mencari akal membasmi kertas dan menangkap gas tsb ke dlm kantong bersama menemukan bahwa kantong tersebut mampu terbang sampai ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yg nomor satu kali menjajal terbang dengan memakekan balon udara tsb merupakan Jean Pilatre De Rozier. Dia ialah seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yg dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sebagai Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pd thn 1773 adalah bangsawan yang mampu dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier bersama termaksuk orang terpelajar yg waktunya byk dihabiskan bagi permasalah teknik, sosial bersama politik di Inggris, namum interes terbesarnya yakni berkaitan penerbangan yang menggunakan media yang lbh berat ketimbang udara serta secepatnya pd tahun 1799 mencetuskan konsepsi dari kapal udara modern sebagaimana kini ini yakni drag vector (searah dengan aliran ) & eskalator vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
George Cayley & “Boy Carrier” 1849
Pada thn 1804 Cayley merancang, ekspansi serta menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yang sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dpt disesuaikan serta menjadi acuan pesawat udara sampai wkt ini.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Tahun 1868
Momen yg bersejarah bagi dunia navigasi udara beserta perkembangan teknologi kapal udara pd thn 1868 ialah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron petunjuk yang dia bakal tsb dioprasikan dgn tangan dgn kata lain scr otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat alat pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg mengulas detail dari kepakan sayap dan cara terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pada thn 1864. Biarpun strategi kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berguna tapi karna dia beserta semua orang pd masa itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics sehingga pesawat yang dia rancang tidak sudah sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Tahun 1903
Pada thn 1903 utuk kesatu kalinya Orvile & Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil benar-benar ke dua saudara tersebut menaruh atensi lbh kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan navigasi udara kesatu di Kitti Hawk dengan kapal terbang layarnya yang telah dilengkapi dgn mesin berbahan bakar bensin selama 12 detik danmenempuh jarak 37 m.