MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Dunia transportasi udah amat berkembang pd saat ini. Dahulu penting wkt lama bagi memperbuat perjalanan dengan menerapkan transportasi darat bersama laut. Bagaikan example perjalanan haji pd thn 70an yang memakaikan kapal api sebagai perangkat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan waktu lbh dari 3 bulan. tetapi sekarang berkat perkembangan tekno transportasi penerbangan tenggang yg sama mampu ditempuh dalam waktu 8 jam saja. Tak mengherankan misalnya pada wkt ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak semakin pendek
Perkembangan pesawat terbang waktu ini enggak terlepas dari kapasitas tokoh-tokoh terdahulu. kendatipun masih ada diskusi siapa yang kesatu kali menemukan pesawat udara tetapi sejarah perkembangan pesawat udara masih kukuh menarik bagi dipelajari.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Thn 478 sm
Bilamana pesawat terbang didefinisikan selaku benda yg lbh berat dari udara tapi sanggup melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yakni penemu pertama. Dlm catatannya dia tahu mengarang berkaitan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dlm wujud seekor burung yang diciptakan dari bambu dan kayu yang sanggup bertahan hingga tiga hari melayang tanpa pakai jatuh.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang tidak semua rupa kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dan parasut. Otput pemikiran ilmuan yang mempunyai kelainan dlm mengerti tulisan, prediksi serta rencana secara normal tsb yg berhubungan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yang sudah dia utk sepanjang hidupnya bersama nggak semua gede belum sempat utk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkenaan terbang ini terkumpul dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia & Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dengan nggak semua besar sudah diproduksi dlm model replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Thn 1783
Pd masa ini kesatu kali orang banyak memikirkan utk terbang tak memakaikan sayap tapi menggunakan balon. Balon tersebut diisi dengan gas Montgolfier yang nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan kembang api bersama asap yang bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu tatkala mereka mencoba membuang kertas beserta menangkap gas tsb ke dlm kantong serta mendapatkan bahwa tas tersebut dpt terbang sampai ke langit-langit ruang mereka.
Orang yang pertama kali menguji terbang dgn memakaikan balon udara tersebut yaitu Jean Pilatre De Rozier. Dia yaitu seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada thn 1773 yaitu bangsawan yang sanggup dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier beserta termaksuk orang terpelajar yg waktunya byk dihabiskan untuk permasalah teknik, sosial & politik di Inggris, namum perhatian terbesarnya adalah berkaitan navigasi udara yg menerapkan media yang lebih berat ketimbang udara beserta secepatnya pada thn 1799 mencetuskan rancangan dari kapal udara modern semacam waktu ini ini yaitu drag vector (searah dengan aliran ) serta eskalator vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
George Cayley beserta “Boy Carrier” 1849
Pada thn 1804 Cayley merancang, membangun bersama menerbangkan sebuah glider size kecil yang sudah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dpt disesuaikan serta menjelma acuan pesawat udara sampai saat ini.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Tahun 1868
Momen yang bersejarah bagi dunia navigasi udara & perkembangan teknologi pesawat udara pada tahun 1868 yaitu ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron teknik yg dia buat tsb dioprasikan dengan tangan alias secara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan peranti pengendali navigasi udara tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang studi detail dari kepakan sayap beserta langkah terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada thn 1864. Sungguhpun sistem kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti bermanfaat tapi karena dia beserta semua orang pada waktu itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics sehingga kapal yang dia rancang nggak sudah sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR DARI KAYU
Thn 1903
Pada thn 1903 utuk pertama kalinya Orvile & Wilbur Wright terbang dgn kapal biplane. Sejak kecil benar-benar ke dua saudara tsb menaruh atensi extra kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka melakukan penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dengan kapal terbang layarnya yg sudah dilengkapi dengan mesin berbahan bakar bensin semasa 12 detik danmenempuh jarak 37 m.