MINIATUR PESAWAT ADA RODA
Dunia transportasi sudah amat berkembang pd saat ini. Dahulu wajib wkt lama buat melaksanakan perjalanan dengan memakekan transportasi darat dan laut. Bagaikan contoh perjalanan haji pada thn 70an yang menerapkan kapal api sebagai peranti transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan waktu ekstra dari 3 bulan. tetapi kini berkat perkembangan digital transportasi navigasi udara jarak yg sama mampu ditempuh dalam masa 8 jam saja. Tidak mencengangkan manakala pd waktu ini kapal laut nggak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan tenggang semakin pendek
Perkembangan kapal terbang saat ini tidak terlepas dari tugas tokoh-tokoh terdahulu. kendatipun masih ada perdebatan siapa yg pertama kali menemukan kapal udara tetapi sejarah perkembangan kapal udara masih senantiasa menarik bakal dipelajari.
MINIATUR PESAWAT ADA RODA
Tahun 478 sm
Jika kapal terbang didefinisikan sebagai benda yang lebih berat dari udara namun dapat melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi merupakan penemu pertama. Dalam catatannya dia sempat mencatat berkenaan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yg diciptakan dari bamboo dengan kayu yg mampu bertahan sampai tiga day melayang nggak usah jatuh.
MINIATUR PESAWAT ADA RODA
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang tidak semua rupa kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter beserta parasut. Hasil pemikiran ilmuan yang memperoleh kelainan dlm mengartikan tulisan, rekaan dan konsep dgn cara normal tsb yg berkenaan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yg sudah dia utk sepanjang hidupnya serta tidak semua besar belom sempat untuk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci mengenai terbang ini terakumulasi dlm Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia dan Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dengan tidak semua gede sudah dibuat dalam model replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT ADA RODA
Thn 1783
Pada saat ini pertama kali org banyak memikirkan bakal terbang nggak memakaikan sayap tapi memakaikan balon. Balon tsb diisi dgn gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan tanaman api dengan asap yang bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu tempo mereka menjajal membasmi kertas & menangkap gas tersebut ke dlm kantong bersama mendapatkan bahwa tas tsb sanggup terbang sampai ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yang kesatu kali mencoba terbang dengan memakekan balon udara tersebut adalah Jean Pilatre De Rozier. Dia ialah seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yang dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT ADA RODA
Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya selaku Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada thn 1773 yakni bangsawan yang mampu dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dan termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan untuk permasalah teknik, sosial dan politik di Inggris, namum interes terbesarnya yaitu berhubungan navigasi udara yang memakaikan media yang lbh berat ketimbang udara dengan buru-buru pd thn 1799 mencetuskan ide dari kapal udara modern seperti sekarang ini yakni drag vector (searah dgn aliran ) & lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT ADA RODA
George Cayley dan “Boy Carrier” 1849
Pd tahun 1804 Cayley merancang, memperluas dengan menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yg telah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dapat disesuaikan & berubah acuan pesawat udara sampai waktu ini.
MINIATUR PESAWAT ADA RODA
Thn 1868
Momen yang bersejarah bagi dunia penerbangan dan perkembangan modern pesawat udara pada tahun 1868 adalah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron cara yang dia buat tsb dioprasikan dengan tangan atau scr otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan perangkat pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg studi detail dari kepakan sayap dengan aneka tips terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada tahun 1864. Sekalipun cara kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi tetapi karena dia dengan seluruh orang pd wkt itu kurang mengerti dengan akspek aerodynamics sehingga kapal yang dia rancang tidak pernah sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT ADA RODA
Tahun 1903
Pd tahun 1903 utuk pertama kalinya Orvile dengan Wilbur Wright terbang dgn kapal biplane. Sejak kecil emang ke dua saudara tsb menaruh afeksi lebih kepada ilmu penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka mengerjakan navigasi udara kesatu di Kitti Hawk dengan pesawat terbang layarnya yang sudah dilengkapi dgn mesin material bakar bensin selagi 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.