DIECAST PESAWAT GARUDA
Dunia transportasi sudah amat berkembang pd saat ini. Dahulu mesti wkt lama bakal menjalani perjalanan dengan memakekan transportasi darat & laut. Sbg contoh perjalanan haji pd tahun 70an yang menggunakan kapal api selaku peranti transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan waktu lbh dari 3 bulan. tetapi kini berkat perkembangan teknologi transportasi navigasi udara jarak yg sama sanggup ditempuh dalam wkt 8 jam saja. Enggak mengherankan jika pd wkt ini kapal laut bagian enggak lagi dipergunakan utk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan tenggang makin lama pendek
Perkembangan kapal terbang wkt ini tak terlepas dari kapasitas tokoh-tokoh terdahulu. biarpun masih ada pertakian siapa yang kesatu kali mendapatkan pesawat udara tetapi sejarah perkembangan kapal udara masih tetep menarik bagi dipelajari.
DIECAST PESAWAT GARUDA
Tahun 478 sm
Andaikata kapal terbang didefinisikan sebagai benda yang lbh berat dari udara tetapi bisa melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dalam catatannya dia pernah mencatat mengenai penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban alias Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yang dikerjakan dari bambu dan kayu yg sanggup bertahan hingga tiga hari melayang tanpa jatuh.
DIECAST PESAWAT GARUDA
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang nggak semua ragam kapal terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter beserta parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yang mendapatkan kelainan dalam mengetahui tulisan, kalkulasi serta draf secara normal tersebut yg berkenaan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yg sudah dia bagi sepanjang hidupnya dengan beberapa gede belum sempat bagi dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci tentang terbang ini terkumpul dlm Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia serta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dengan beberapa gede sudah diurus dlm bentuk replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
DIECAST PESAWAT GARUDA
Thn 1783
Pada wkt ini kesatu kali orang-orang memikirkan bakal terbang enggak menerapkan sayap tetapi menerapkan balon. Balon tsb diisi dengan gas Montgolfier yg kesatu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan bunga api & asap yg bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu pada waktu mereka mencoba membasmi kertas beserta menangkap gas tsb ke dalam tas serta mendapatkan bahwa kantong tersebut dapat terbang hingga ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yang kesatu kali mencari jalan terbang dengan menggunakan balon udara tsb adalah Jean Pilatre De Rozier. Dia yaitu seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yg dipergunakannya dlm percobaan terbang.
DIECAST PESAWAT GARUDA
Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya selaku Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pada thn 1773 yakni bangsawan yang bisa dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier & termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan bakal permasalah teknik, sosial dan politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya merupakan tentang penerbangan yang memakaikan media yang lbh berat ketimbang udara bersama selekasnya pd thn 1799 mencetuskan draf dari kapal udara modern seperti sekarang ini adalah drag vector (searah dgn aliran ) dan eskalator vector (tegak lurus dgn aliran).
DIECAST PESAWAT GARUDA
George Cayley beserta “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, membangun & menerbangkan sebuah glider size kecil yg sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang bisa disesuaikan bersama menjadi acuan pesawat udara sampai wkt ini.
DIECAST PESAWAT GARUDA
Tahun 1868
Momen yg bersejarah buat dunia penerbangan & perkembangan digital pesawat udara pada tahun 1868 yaitu ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron panduan yg dia bakal tersebut dioprasikan dgn tangan dgn kata lain scr otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan perkakas pengendali penerbangan tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang menganalisa detail dari kepakan sayap serta sistem terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pd tahun 1864. Kendatipun tips-tips kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi namun karna dia dengan seluruh orang pada wkt itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics sehingga pesawat yg dia rancang nggak tahu berhasil terbang.
DIECAST PESAWAT GARUDA
Thn 1903
Pada thn 1903 utuk pertama kalinya Orvile & Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil kenyataannya ke 2 saudara tersebut menaruh afeksi extra kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka mengerjakan penerbangan pertama di Kitti Hawk dgn kapal terbang layarnya yang telah dilengkapi dengan mesin bahan bakar bensin selagi dua belas detik danmenempuh jarak 37 m.