
MINIATUR PESAWAT TEMPUR PERANG DUNIA 2
Dunia transportasi sudah amat berkembang pada saat ini. Dahulu kudu masa lama untuk menjalankan perjalanan dgn menerapkan transportasi darat dengan laut. Selaku example perjalanan haji pd thn 70an yg menerapkan kapal api sbg alat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa extra dari 3 bulan. namun saat ini berkat perkembangan digital transportasi penerbangan jarak yg sama mampu ditempuh dalam masa 8 jam saja. Tak memesonakan semisal pada wkt ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan tenggang makin lama pendek
Perkembangan kapal terbang waktu ini tak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. sungguhpun masih ada polemik siapa yg nomor satu kali mendapatkan pesawat udara tetapi historis perkembangan pesawat udara masih teguh menarik bakal dipelajari.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR PERANG DUNIA 2
Thn 478 sm
Kalau kapal terbang didefinisikan sbg benda yang ekstra berat dari udara tetapi mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yakni penemu pertama. Dlm catatannya dia sempat mengarang mengenai penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban menciptakan layang-layang dlm wujud seekor burung yang dibuat dari bamboo dengan kayu yang dpt bertahan sampai tiga hari melayang minus jatuh.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR PERANG DUNIA 2
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang tdk semua ragam pesawat terbang, diantaranya kapal glider, helikopter & parasut. Otput pemikiran ilmuan yang memiliki kelainan dalam memahami tulisan, rekaan dengan konsepsi dengan cara normal tersebut yg berkenaan dengan dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yg pernah dia bagi sepanjang hidupnya dan tdk semua gede belom sempat buat dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkaitan terbang ini terhimpun dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia dengan Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dan tidak semua besar sudah diurus dlm tipe replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR PERANG DUNIA 2
Thn 1783
Pd waktu ini nomor satu kali orang-orang memikirkan untuk terbang nggak memakaikan sayap tetapi memakaikan balon. Balon tersebut diisi dengan gas Montgolfier yang kesatu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan tanaman api dan asap yg bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu saat mereka mengetes menyingkirkan kertas & menangkap gas tsb ke dalam tas & mendapatkan bahwa tas tersebut dpt terbang sampai ke langit-langit kamar mereka.
Orang yg nomor satu kali menguji terbang dengan menggunakan balon udara tsb ialah Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR PERANG DUNIA 2

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada thn 1773 yakni bangsawan yg bisa dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dan termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan bakal permasalah teknik, sosial beserta politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya ialah berkenaan penerbangan yang menerapkan media yang lbh berat ketimbang udara serta ekspres pada thn 1799 mencetuskan sketsa dari pesawat udara modern seperti saat ini ini merupakan drag vector (searah dgn aliran ) dengan eskalator vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT TEMPUR PERANG DUNIA 2
George Cayley dan “Boy Carrier” 1849
Pada thn 1804 Cayley merancang, ekspansi & menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yang telah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang mampu disesuaikan dan menjadi acuan pesawat udara sampai masa ini.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR PERANG DUNIA 2
Tahun 1868
Momen yg bersejarah utk dunia navigasi udara dengan perkembangan digital kapal udara pd thn 1868 yaitu ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron tips-tips yang dia bagi tersebut dioprasikan dengan tangan atau dengan cara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menciptakan perlengkapan pengendali navigasi udara tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang mengulas detail dari kepakan sayap dengan tips-tips terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada thn 1864. Sekalipun langkah kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi tetapi karena dia beserta semua orang pada saat itu kurang paham dengan akspek aerodynamics sehingga kapal yg dia rancang nggak tahu sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT TEMPUR PERANG DUNIA 2
Thn 1903
Pd thn 1903 utuk pertama kalinya Orvile beserta Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil memang kedua saudara tsb menaruh perhatian extra kepada ilmu penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka melaksanakan penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yg sudah dilengkapi dgn mesin materi bakar bensin semasa 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.
