MINIATUR PESAWAT N 250
Dunia transportasi sudah sangat berkembang pd waktu ini. Dahulu penting waktu lama bagi menjalankan perjalanan dgn menggunakan transportasi darat serta laut. Bagaikan cth perjalanan haji pd thn 70an yg memakaikan kapal api sbg alat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt lebih dari 3 bulan. tetapi saat ini berkat perkembangan teknologi transportasi navigasi udara jarak yang dengan dapat ditempuh dlm masa 8 jam saja. Enggak menarik hati jika pd masa ini kapal laut tidak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak lama kelamaan pendek
Perkembangan kapal terbang waktu ini tak terlepas dari kapasitas tokoh-tokoh terdahulu. meskipun masih ada pertakian siapa yg kesatu kali menjumpai pesawat udara tetapi sejarah perkembangan kapal udara masih senantiasa menarik untuk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT N 250
Tahun 478 sm
Misalnya kapal terbang didefinisikan sbg benda yg lbh berat dari udara tetapi dpt melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi merupakan penemu pertama. Dlm catatannya dia pernah mengarang berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban menciptakan layang-layang dlm wujud seekor burung yang diproduksi dari bamboo bersama kayu yang dpt bertahan sampai tiga 24 jam melayang nggak usah jatuh.
MINIATUR PESAWAT N 250
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang sebagian rupa kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dengan parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yg memiliki kelainan dalam mengetahui tulisan, perkiraan serta konsep dgn cara normal tsb yg berkenaan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang pernah dia buat sepanjang hidupnya serta tidak semua besar belum sempat untuk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci tentang terbang ini terakumulasi dlm Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia dan Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dan beberapa gede sudah diurus dalam rupa replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT N 250
Tahun 1783
Pada masa ini nomor satu kali org banyak memikirkan bakal terbang tak memakaikan sayap tetapi memakekan balon. Balon tersebut diisi dgn gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan kembang api serta asap yg bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu momen mereka mencari akal membasmi kertas beserta menangkap gas tersebut ke dlm kantong beserta mendapatkan bahwa tas tersebut bisa terbang sampai ke langit-langit ruang mereka.
Orang yg nomor satu kali berikhtiar terbang dengan menggunakan balon udara tersebut ialah Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT N 250
Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pada tahun 1773 merupakan bangsawan yg dapat dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dengan termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan bakal permasalah teknik, sosial dan politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya ialah berkenaan navigasi udara yg menerapkan media yg lebih berat daripada udara beserta buru-buru pada tahun 1799 mencetuskan draf dari kapal udara modern serupa sekarang ini adalah drag vector (searah dgn aliran ) dan lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT N 250
George Cayley dan “Boy Carrier” 1849
Pada thn 1804 Cayley merancang, ekspansi bersama menerbangkan sebuah glider size kecil yang sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang sanggup disesuaikan dengan berubah acuan kapal udara hingga waktu ini.
MINIATUR PESAWAT N 250
Thn 1868
Momen yang bersejarah bakal dunia penerbangan dan perkembangan teknologi pesawat udara pd thn 1868 yakni ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron program yg dia buat tersebut dioprasikan dgn tangan dgn kata lain dgn cara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat alat pengendali penerbangan tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg menganalisa detail dari kepakan sayap bersama tips-tips terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada thn 1864. Sekalipun aneka tips kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi tetapi karna dia & seluruh orang pada masa itu kurang paham dengan akspek aerodynamics sehingga kapal yang dia rancang tidak sempat berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT N 250
Thn 1903
Pada tahun 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile & Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil emang ke dua saudara tersebut menaruh perhatian extra kepada ilmu penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan navigasi udara kesatu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yg sudah dilengkapi dgn mesin materi bakar bensin semasa 12 detik danmenempuh jarak 37 m.