MINIATUR PESAWAT KAYU
Dunia transportasi sudah sangat berkembang pada saat ini. Dahulu butuh wkt lama untuk memperbuat perjalanan dengan memakaikan transportasi darat dan laut. Bagaikan example perjalanan haji pd tahun 70an yg memakaikan kapal api selaku perlengkapan transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa ekstra dari 3 bulan. tetapi waktu ini berkat perkembangan teknologi transportasi navigasi udara jarak yang sama mampu ditempuh dlm wkt 8 jam saja. Nggak menarik hati sekiranya pada masa ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan jarak lama kelamaan pendek
Perkembangan pesawat terbang masa ini tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh terdahulu. kendatipun masih ada pertakian siapa yang pertama kali menemukan pesawat udara tetapi sejarah perkembangan pesawat udara masih kukuh menarik bakal dipelajari.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Thn 478 sm
Kalau pesawat terbang didefinisikan sebagai benda yang ekstra berat dari udara tetapi dapat melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi adalah penemu pertama. Dlm catatannya dia sudah mencatat berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yang diurus dari bambu bersama kayu yg sanggup bertahan hingga tiga 24 hour melayang tidak perlu jatuh.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang nggak semua macam pesawat terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter dan parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yg memperoleh kelainan dalam mengerti tulisan, rekaan dengan konsepsi dgn cara normal tsb yang berhubungan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang sudah dia untuk sepanjang hidupnya & tidak semua besar belom sempat bagi dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berkaitan terbang ini terkumpul dlm Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia & Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dan sebagian besar sudah dirancang dalam jenis replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Thn 1783
Pd masa ini nomor satu kali orang banyak memikirkan bakal terbang tak menerapkan sayap namun menerapkan balon. Balon tersebut diisi dgn gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan tanaman api & asap yg bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu ketika mereka berupaya menghilangkan kertas beserta menangkap gas tsb ke dlm kantong beserta menjumpai bahwa kantong tsb mampu terbang sampai ke langit-langit kamar mereka.
Orang yg pertama kali mengetes terbang dgn menggunakan balon udara tsb yakni Jean Pilatre De Rozier. Dia ialah seorang ilmuan fisika yg juga tewas pada tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pd tahun 1773 yaitu bangsawan yang dpt dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier bersama termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan bagi permasalah teknik, sosial dengan politik di Inggris, namum minat terbesarnya merupakan berkaitan penerbangan yang memakekan media yg extra berat daripada udara dengan secepatnya pd thn 1799 mencetuskan ide dari kapal udara modern semacam sekarang ini adalah drag vector (searah dengan aliran ) & lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT KAYU
George Cayley bersama “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, membangun & menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yg telah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dapat disesuaikan serta menjadi acuan pesawat udara sampai masa ini.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Tahun 1868
Momen yang bersejarah utk dunia penerbangan serta perkembangan tekno pesawat udara pada tahun 1868 merupakan ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron panduan yg dia bakal tsb dioprasikan dgn tangan dengan kata lain dgn cara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menciptakan alat pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg mengulas detail dari kepakan sayap dan cara terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pd thn 1864. Biarpun pola kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berguna namun sebab dia dan seluruh orang pd waktu itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics shg pesawat yg dia rancang nggak tahu berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Tahun 1903
Pd tahun 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile & Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil kenyataannya ke 2 saudara tersebut menaruh perhatian extra kepada ilmu penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka mengerjakan navigasi udara pertama di Kitti Hawk dgn kapal terbang layarnya yang telah dilengkapi dengan mesin bahan bakar bensin selagi 12 detik danmenempuh jarak 37 m.