
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG
Dunia transportasi udah sangat berkembang pada waktu ini. Dahulu perlu waktu lama buat melaksanakan perjalanan dengan menggunakan transportasi darat & laut. Sbg contoh perjalanan haji pd thn 70an yg menggunakan kapal api sebagai perangkat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan waktu ekstra dari 3 bulan. tetapi sekarang berkat perkembangan tekno transportasi navigasi udara tenggang yang dengan sanggup ditempuh dalam wkt 8 jam saja. Nggak memesonakan bila pada wkt ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan bagi mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak makin lama pendek
Perkembangan pesawat terbang saat ini tak terlepas dari kapasitas tokoh-tokoh terdahulu. meskipun masih ada polemik siapa yg pertama kali menemukan kapal udara tetapi sejarah perkembangan kapal udara masih konstan menarik buat dipelajari.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG
Tahun 478 sm
Semisal kapal terbang didefinisikan sebagai benda yg extra berat dari udara namun mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yakni penemu pertama. Dlm catatannya dia sudah menulis tentang penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban menciptakan layang-layang dalam wujud seekor burung yang diciptakan dari bambu beserta kayu yg sanggup bertahan sampai 3 hari melayang tidak perlu jatuh.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang beberapa macam pesawat terbang, diantaranya kapal glider, helikopter bersama parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yg memiliki kelainan dlm menafsirkan tulisan, perkiraan bersama ide dgn cara normal tsb yang berkaitan dengan dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang sudah dia buat sepanjang hidupnya serta tidak semua gede belum sempat untuk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci mengenai terbang ini terakumulasi dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia beserta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. bersama tdk semua besar sudah diciptakan dlm jenis replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG
Tahun 1783
Pada masa ini pertama kali orang memikirkan bagi terbang nggak memakekan sayap tapi memakaikan balon. Balon tersebut diisi dgn gas Montgolfier yg nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan bunga api dan asap yg bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu pada waktu mereka mencari akal membuang kertas beserta menangkap gas tersebut ke dalam tas serta mendapatkan bahwa kantong tsb dapat terbang sampai ke langit-langit ruang mereka.
Orang yg kesatu kali berusaha terbang dgn menerapkan balon udara tsb merupakan Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya bagaikan Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada tahun 1773 adalah bangsawan yang sanggup dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier serta termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan untuk permasalah teknik, sosial beserta politik di Inggris, namum interes terbesarnya ialah mengenai navigasi udara yang menggunakan media yang ekstra berat ketimbang udara dan secepatnya pada thn 1799 mencetuskan rencana dari pesawat udara modern semacam kini ini ialah drag vector (searah dengan aliran ) dan lift vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG
George Cayley dengan “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, mengembangkan beserta menerbangkan sebuah glider size kecil yg telah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang sanggup disesuaikan beserta berubah acuan kapal udara sampai waktu ini.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG
Tahun 1868
Momen yang bersejarah bagi dunia navigasi udara & perkembangan teknologi pesawat udara pd tahun 1868 merupakan ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron prosedur yg dia bagi tersebut dioprasikan dengan tangan dengan kata lain secara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat peranti pengendali penerbangan tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg studi detail dari kepakan sayap dan strategi terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada tahun 1864. Walaupun cara kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi tapi karena dia bersama seluruh orang pada waktu itu kurang mengerti dengan akspek aerodynamics sehingga kapal yg dia rancang nggak tahu sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT DARI KALENG
Thn 1903
Pd tahun 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile dan Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil memang ke 2 saudara tsb menaruh atensi ekstra kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalani navigasi udara kesatu di Kitti Hawk dengan pesawat terbang layarnya yg sudah dilengkapi dengan mesin berbahan bakar bensin sewaktu 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.
