
CARA MEMBUAT MINIATUR PESAWAT FIBERGLASS
Dunia transportasi sudah amat berkembang pada masa ini. Dahulu butuh waktu lama utk menjalani perjalanan dgn memakaikan transportasi darat dengan laut. Selaku example perjalanan haji pd tahun 70an yg menggunakan kapal api selaku peranti transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan waktu extra dari 3 bulan. namun masa ini berkat perkembangan tekno transportasi penerbangan tenggang yg sama mampu ditempuh dlm masa 8 jam saja. Tidak menakjubkan sekiranya pd masa ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan bakal mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak lama kelamaan pendek
Perkembangan kapal terbang waktu ini tidak terlepas dari tugas tokoh-tokoh terdahulu. meskipun masih ada pertakian siapa yg kesatu kali menjumpai kapal udara tapi sejarah perkembangan kapal udara masih tetep menarik utk dipelajari.
CARA MEMBUAT MINIATUR PESAWAT FIBERGLASS
Thn 478 sm
Andaikan pesawat terbang didefinisikan selaku benda yang lebih berat dari udara namun mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yakni penemu pertama. Dlm catatannya dia pernah mencatat berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yg diurus dari bambu bersama kayu yang dpt bertahan hingga tiga hari melayang tanpa pakai jatuh.
CARA MEMBUAT MINIATUR PESAWAT FIBERGLASS
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang beberapa macam pesawat terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter beserta parasut. Otput pemikiran ilmuan yang mempunyai kelainan dlm mengartikan tulisan, estimasi dan sketsa secara normal tersebut yang berkenaan dengan dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang sempat dia buat sepanjang hidupnya & nggak semua besar belom sempat bagi dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci tentang terbang ini terhimpun dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia bersama Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. serta nggak semua besar telah dibuat dalam model replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
CARA MEMBUAT MINIATUR PESAWAT FIBERGLASS
Thn 1783
Pada wkt ini kesatu kali org banyak memikirkan bagi terbang nggak menerapkan sayap tetapi memakekan balon. Balon tersebut diisi dgn gas Montgolfier yang kesatu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan kembang api & asap yang bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu tatkala mereka menjajal menghapuskan kertas & menangkap gas tersebut ke dlm tas & mendapatkan bahwa kantong tsb sanggup terbang hingga ke langit-langit ruang mereka.
Orang yang kesatu kali berusaha terbang dgn memakaikan balon udara tersebut merupakan Jean Pilatre De Rozier. Dia yakni seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
CARA MEMBUAT MINIATUR PESAWAT FIBERGLASS

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya selaku Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pd tahun 1773 ialah bangsawan yg dpt dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier beserta termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan utk permasalah teknik, sosial & politik di Inggris, namum interes terbesarnya merupakan tentang penerbangan yg memakekan media yg lbh berat daripada udara beserta ekspres pada tahun 1799 mencetuskan tema dari pesawat udara modern seperti saat ini ini yakni drag vector (searah dengan aliran ) & lift vector (tegak lurus dgn aliran).
CARA MEMBUAT MINIATUR PESAWAT FIBERGLASS
George Cayley & “Boy Carrier” 1849
Pd thn 1804 Cayley merancang, mengembangkan bersama menerbangkan sebuah glider skala kecil yg telah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang bisa disesuaikan & menjadi acuan kapal udara hingga saat ini.
CARA MEMBUAT MINIATUR PESAWAT FIBERGLASS
Tahun 1868
Momen yg bersejarah utk dunia navigasi udara bersama perkembangan teknologi kapal udara pada tahun 1868 yakni ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron petunjuk yg dia bakal tersebut dioprasikan dgn tangan dgn kata lain scr otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menciptakan perangkat pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang studi detail dari kepakan sayap dengan tips terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pd thn 1864. Biarpun arahan kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berguna tetapi karna dia bersama semua orang pada masa itu kurang paham dgn akspek aerodynamics shg kapal yang dia rancang enggak tahu sukses terbang.
CARA MEMBUAT MINIATUR PESAWAT FIBERGLASS
Thn 1903
Pada thn 1903 utuk pertama kalinya Orvile dengan Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil kenyataannya ke dua saudara tsb menaruh afeksi lbh kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalani navigasi udara nomor satu di Kitti Hawk dgn pesawat terbang layarnya yg sudah dilengkapi dgn mesin material bakar bensin selama 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.
