
MINIATUR PESAWAT KLM
Dunia transportasi sudah sangat berkembang pd masa ini. Dahulu harus waktu lama utk melaksanakan perjalanan dgn menggunakan transportasi darat bersama laut. Sbg example perjalanan haji pd tahun 70an yang menggunakan kapal api sbg perkakas transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt lebih dari 3 bulan. tetapi saat ini berkat perkembangan tekno transportasi navigasi udara tenggang yang dengan bisa ditempuh dalam masa 8 jam saja. Enggak memesonakan misalnya pada saat ini kapal laut bagian enggak lagi dipergunakan bakal mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan tenggang makin lama pendek
Perkembangan kapal terbang wkt ini enggak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. walaupun masih ada diskusi siapa yang pertama kali mendapatkan kapal udara namun sejarah perkembangan kapal udara masih tetap menarik untuk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT KLM
Tahun 478 sm
Bilamana kapal terbang didefinisikan sbg benda yg extra berat dari udara namun sanggup melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dlm catatannya dia sempat menulis berkenaan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dengan kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dlm wujud seekor burung yang diciptakan dari bamboo serta kayu yg bisa bertahan hingga 3 hari melayang nggak pake jatuh.
MINIATUR PESAWAT KLM
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang nggak semua macam kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter dan parasut. Otput pemikiran ilmuan yg mendapatkan kelainan dalam mengerti tulisan, taksiran dan rencana dengan cara normal tersebut yg berkenaan dengan dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yang tahu dia utk sepanjang hidupnya serta nggak semua besar belum sempat untuk dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berhubungan terbang ini terkumpul dalam Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia bersama Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. beserta beberapa gede sudah diurus dlm bentuk replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT KLM
Tahun 1783
Pd wkt ini kesatu kali org byk memikirkan untuk terbang enggak memakaikan sayap namun memakaikan balon. Balon tsb diisi dgn gas Montgolfier yg kesatu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan kembang api beserta asap yg bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu tatkala mereka berikhtiar menghapuskan kertas & menangkap gas tsb ke dalam tas bersama menemukan bahwa kantong tersebut dpt terbang sampai ke langit-langit kamar mereka.
Orang yang pertama kali menguji terbang dengan menerapkan balon udara tsb adalah Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT KLM

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pd thn 1773 yakni bangsawan yg bisa dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier bersama termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan untuk permasalah teknik, sosial serta politik di Inggris, namum perhatian terbesarnya merupakan berhubungan navigasi udara yang menggunakan media yang ekstra berat ketimbang udara dengan ekspres pada thn 1799 mencetuskan sketsa dari pesawat udara modern sebagaimana masa ini ini yakni drag vector (searah dgn aliran ) serta eskalator vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT KLM
George Cayley dengan “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, mengembangkan serta menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yang telah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dpt disesuaikan & berubah acuan pesawat udara sampai saat ini.
MINIATUR PESAWAT KLM
Tahun 1868
Momen yang bersejarah bakal dunia penerbangan serta perkembangan teknologi kapal udara pd thn 1868 ialah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron teknik yg dia buat tsb dioprasikan dgn tangan atau dengan cara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menciptakan perlengkapan pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang mengulas detail dari kepakan sayap bersama metode terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pd tahun 1864. Meskipun cara kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat tapi krn dia dan semua orang pada wkt itu kurang paham dgn akspek aerodynamics shg kapal yg dia rancang enggak tahu berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT KLM
Thn 1903
Pd thn 1903 utuk pertama kalinya Orvile serta Wilbur Wright terbang dengan pesawat biplane. Sejak kecil emang kedua saudara tsb menaruh afeksi lbh kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan navigasi udara nomor satu di Kitti Hawk dengan kapal terbang layarnya yg telah dilengkapi dengan mesin material bakar bensin semasa dua belas detik danmenempuh jarak 37 m.
