
DIECAST PESAWAT DI SURABAYA
Dunia transportasi sudah amat berkembang pd masa ini. Dahulu mesti waktu lama utk menjalani perjalanan dengan memakekan transportasi darat dan laut. Sebagai cth perjalanan haji pd thn 70an yg menggunakan kapal api bagaikan peranti transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan wkt lbh dari 3 bulan. tapi sekarang berkat perkembangan tekno transportasi navigasi udara jarak yg dengan dapat ditempuh dalam masa 8 jam saja. Enggak menarik hati seandainya pada saat ini kapal laut bagian tak lagi dipergunakan buat mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak makin lama pendek
Perkembangan pesawat terbang waktu ini tak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. kendatipun masih ada silang pendapat siapa yg pertama kali menjumpai kapal udara tetapi historis perkembangan pesawat udara masih tetep menarik buat dipelajari.
DIECAST PESAWAT DI SURABAYA
Tahun 478 sm
Andaikata pesawat terbang didefinisikan bagaikan benda yg lebih berat dari udara tetapi mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi merupakan penemu pertama. Dalam catatannya dia sempat mengarang tentang penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban atau Gongshu Ban menghasilkan layang-layang dalam wujud seekor burung yang diproses dari bamboo bersama kayu yang mampu bertahan hingga 3 24 hour melayang nggak pake jatuh.
DIECAST PESAWAT DI SURABAYA
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang tdk semua rupa kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter serta parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yang mendapatkan kelainan dlm memahami tulisan, rekaan dengan draf secara normal tersebut yg berkaitan dengan dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yg sudah dia utk sepanjang hidupnya beserta nggak semua gede belom sempat buat dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci mengenai terbang ini terakumulasi dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia dengan Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. beserta tidak semua gede sudah dibuat dalam jenis replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
DIECAST PESAWAT DI SURABAYA
Thn 1783
Pd saat ini kesatu kali org byk memikirkan buat terbang enggak memakekan sayap tetapi menggunakan balon. Balon tsb diisi dgn gas Montgolfier yang pertama kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan tanaman api serta asap yang bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu tatkala mereka berikhtiar membasmi kertas & menangkap gas tersebut ke dalam tas beserta mendapatkan bahwa tas tersebut dapat terbang sampai ke langit-langit kamar mereka.
Orang yang kesatu kali berusaha terbang dgn memakekan balon udara tsb adalah Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yg juga tewas pada thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
DIECAST PESAWAT DI SURABAYA

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya bagaikan Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pd thn 1773 yaitu bangsawan yg mampu dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier beserta termaksuk orang terpelajar yg waktunya byk dihabiskan bagi permasalah teknik, sosial & politik di Inggris, namum minat terbesarnya merupakan tentang penerbangan yg memakekan media yang lebih berat daripada udara bersama ekspres pd tahun 1799 mencetuskan konsep dari pesawat udara modern semacam saat ini ini adalah drag vector (searah dgn aliran ) dan lift vector (tegak lurus dgn aliran).
DIECAST PESAWAT DI SURABAYA
George Cayley dan “Boy Carrier” 1849
Pada thn 1804 Cayley merancang, membangun & menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yg telah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dpt disesuaikan bersama menjadi acuan pesawat udara hingga waktu ini.
DIECAST PESAWAT DI SURABAYA
Tahun 1868
Momen yg bersejarah utk dunia navigasi udara dengan perkembangan tekno pesawat udara pada thn 1868 ialah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron petunjuk yg dia buat tersebut dioprasikan dgn tangan dgn kata lain scr otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat perangkat pengendali penerbangan tsb bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg studi detail dari kepakan sayap beserta strategi terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pd tahun 1864. Meskipun tutorial kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti bermanfaat tapi krn dia & seluruh orang pada wkt itu kurang mengerti dgn akspek aerodynamics shg kapal yang dia rancang nggak tahu sukses terbang.
DIECAST PESAWAT DI SURABAYA
Thn 1903
Pada thn 1903 utuk kesatu kalinya Orvile beserta Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil benar-benar ke dua saudara tersebut menaruh perhatian lbh kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka mengerjakan navigasi udara kesatu di Kitti Hawk dengan kapal terbang layarnya yg telah dilengkapi dengan mesin materi bakar bensin semasa 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.
