
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Dunia transportasi sudah sangat berkembang pd saat ini. Dahulu wajib wkt lama utk melaksanakan perjalanan dengan menerapkan transportasi darat serta laut. Sbg example perjalanan haji pada thn 70an yang menggunakan kapal api sebagai perlengkapan transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa lbh dari 3 bulan. namun masa ini berkat perkembangan tekno transportasi penerbangan tenggang yang dengan mampu ditempuh dalam masa 8 jam saja. Nggak menarik hati jika pd masa ini kapal laut nggak lagi dipergunakan buat mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan jarak lama kelamaan pendek
Perkembangan kapal terbang wkt ini nggak terlepas dari peran tokoh-tokoh terdahulu. sungguhpun masih ada polemik siapa yg nomor satu kali menemukan kapal udara tapi historis perkembangan pesawat udara masih tetap menarik utk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Tahun 478 sm
Manakala pesawat terbang didefinisikan bagaikan benda yang ekstra berat dari udara tetapi bisa melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dlm catatannya dia sudah menulis berkenaan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dgn kata lain Gongshu Ban menciptakan layang-layang dalam wujud seekor burung yang dikerjakan dari bambu beserta kayu yg bisa bertahan sampai 3 24 jam melayang minus jatuh.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang tidak semua rupa kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter bersama parasut. Hasil pemikiran ilmuan yang mendapatkan kelainan dalam menginterpretasikan tulisan, prediksi bersama konsep secara normal tersebut yang berkaitan dgn dunia penerbangan berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yg sudah dia untuk sepanjang hidupnya bersama sebagian besar belum sempat buat dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci tentang terbang ini terakumulasi dlm Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia dan Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. bersama nggak semua gede telah diproses dlm tampilan replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Thn 1783
Pada masa ini nomor satu kali org byk memikirkan bagi terbang nggak memakekan sayap tetapi menggunakan balon. Balon tersebut diisi dengan gas Montgolfier yg pertama kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan bunga api & asap yang bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu tempo mereka menguji membuang kertas bersama menangkap gas tersebut ke dlm tas serta mendapatkan bahwa kantong tsb dpt terbang sampai ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yg kesatu kali berusaha terbang dgn memakekan balon udara tsb merupakan Jean Pilatre De Rozier. Dia yakni seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yg dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada tahun 1773 yaitu bangsawan yg sanggup dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier beserta termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan bakal permasalah teknik, sosial bersama politik di Inggris, namum minat terbesarnya yaitu tentang penerbangan yang menggunakan media yang lebih berat daripada udara dan segera pada thn 1799 mencetuskan tema dari pesawat udara modern seperti sekarang ini adalah drag vector (searah dgn aliran ) bersama lift vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
George Cayley serta “Boy Carrier” 1849
Pd thn 1804 Cayley merancang, membangun dan menerbangkan sebuah glider size kecil yg telah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg dapat disesuaikan dan berubah acuan kapal udara sampai wkt ini.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Tahun 1868
Momen yg bersejarah bakal dunia navigasi udara bersama perkembangan tekno pesawat udara pd tahun 1868 ialah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron program yang dia utk tsb dioprasikan dgn tangan dengan kata lain scr otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menciptakan perkakas pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang menganalisa detail dari kepakan sayap dengan strategi terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pd thn 1864. Sungguhpun manual kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi tetapi karena dia bersama semua orang pd saat itu kurang mengerti dengan akspek aerodynamics shg pesawat yg dia rancang tidak tahu berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Thn 1903
Pd thn 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile serta Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil kenyataannya kedua saudara tsb menaruh afeksi lebih kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka melaksanakan penerbangan kesatu di Kitti Hawk dengan kapal terbang layarnya yg telah dilengkapi dgn mesin berbahan bakar bensin selagi dua belas detik danmenempuh tenggang 37 m.
