
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Dunia transportasi udah sangat berkembang pada wkt ini. Dahulu wajib wkt lama buat menjalani perjalanan dgn memakekan transportasi darat serta laut. Bagaikan contoh perjalanan haji pd thn 70an yang memakaikan kapal api bagaikan perlengkapan transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa extra dari 3 bulan. namun saat ini berkat perkembangan globalisasi transportasi navigasi udara jarak yg dengan dpt ditempuh dalam masa 8 jam saja. Nggak menakjubkan seandainya pd masa ini kapal laut tidak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan tenggang makin lama pendek
Perkembangan pesawat terbang masa ini tak terlepas dari peran tokoh-tokoh terdahulu. sekalipun masih ada polemik siapa yang pertama kali menjumpai pesawat udara namun sejarah perkembangan kapal udara masih kukuh menarik bagi dipelajari.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Tahun 478 sm
Bila kapal terbang didefinisikan sebagai benda yg lbh berat dari udara tapi dapat melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi ialah penemu pertama. Dalam catatannya dia pernah menulis berkaitan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dengan kata lain Gongshu Ban menciptakan layang-layang dlm wujud seekor burung yg diproses dari bamboo beserta kayu yang sanggup bertahan sampai 3 24 jam melayang tidak perlu jatuh.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) telah merancang nggak semua macam pesawat terbang, diantaranya kapal glider, helikopter & parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yg memperoleh kelainan dalam mengerti tulisan, perhitungan serta sketsa secara normal tersebut yg berhubungan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari 5000 catatan ataupun gambar yang pernah dia untuk sepanjang hidupnya bersama sebagian besar blm sempat buat dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci berhubungan terbang ini tergabung dlm Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia serta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. bersama nggak semua besar telah diproses dalam tipe replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Tahun 1783
Pada saat ini kesatu kali org byk memikirkan bagi terbang tak memakaikan sayap tetapi memakekan balon. Balon tsb diisi dgn gas Montgolfier yang nomor satu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan tanaman api dengan asap yg bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu selagi mereka berikhtiar membasmi kertas serta menangkap gas tersebut ke dalam kantong & menjumpai bahwa kantong tsb dpt terbang hingga ke langit-langit kamar mereka.
Orang yg kesatu kali mengetes terbang dengan memakaikan balon udara tsb yaitu Jean Pilatre De Rozier. Dia yakni seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd tahun 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yang dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya sbg Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pada thn 1773 adalah bangsawan yang sanggup dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier & termaksuk orang terpelajar yang waktunya banyak dihabiskan bakal permasalah teknik, sosial serta politik di Inggris, namum interes terbesarnya adalah mengenai navigasi udara yg menerapkan media yang lebih berat daripada udara serta selekasnya pd thn 1799 mencetuskan draf dari pesawat udara modern serupa sekarang ini adalah drag vector (searah dengan aliran ) serta eskalator vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
George Cayley & “Boy Carrier” 1849
Pd tahun 1804 Cayley merancang, mendirikan dengan menerbangkan sebuah glider skala kecil yang telah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg dpt disesuaikan dengan menjadi acuan pesawat udara sampai waktu ini.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Tahun 1868
Momen yang bersejarah untuk dunia navigasi udara & perkembangan teknologi pesawat udara pada tahun 1868 ialah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron tips-tips yang dia bagi tersebut dioprasikan dengan tangan dengan kata lain secara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat perlengkapan pengendali penerbangan tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg menganalisa detail dari kepakan sayap serta bimbingan terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pd thn 1864. Meskipun tutorial kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berfungsi namun karena dia bersama semua orang pd masa itu kurang paham dgn akspek aerodynamics sehingga kapal yang dia rancang tak sempat berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT SEMARANG
Tahun 1903
Pada thn 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile dan Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil kenyataannya kedua saudara tersebut menaruh atensi lbh kepada pengetahuan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka melakukan penerbangan nomor satu di Kitti Hawk dengan kapal terbang layarnya yg sudah dilengkapi dengan mesin materi bakar bensin semasa dua belas detik danmenempuh jarak 37 m.
