
MINIATUR PESAWAT KAYU
Dunia transportasi udah sangat berkembang pd saat ini. Dahulu mesti wkt lama bagi melaksanakan perjalanan dengan menggunakan transportasi darat dengan laut. Selaku contoh perjalanan haji pd tahun 70an yang memakekan kapal api sebagai peranti transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa lbh dari 3 bulan. tetapi saat ini berkat perkembangan globalisasi transportasi navigasi udara jarak yang sama dpt ditempuh dlm masa 8 jam saja. Tidak mencengangkan bilamana pd wkt ini kapal laut tidak lagi dipergunakan bakal mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan tenggang makin lama pendek
Perkembangan kapal terbang wkt ini tidak terlepas dari fungsi tokoh-tokoh terdahulu. walaupun masih ada perdebatan siapa yg pertama kali mendapatkan kapal udara namun historis perkembangan kapal udara masih senantiasa menarik untuk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Tahun 478 sm
Andaikan pesawat terbang didefinisikan sbg benda yang lbh berat dari udara tetapi mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yaitu penemu pertama. Dalam catatannya dia sempat mengarang tentang penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban atau Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yang diciptakan dari bamboo bersama kayu yg dpt bertahan sampai 3 24 jam melayang nggak usah jatuh.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang tidak semua rupa kapal terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter & parasut. Hasil pemikiran ilmuan yg memperoleh kelainan dalam menginterpretasikan tulisan, estimasi dan ide dgn cara normal tsb yang berhubungan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yang sudah dia buat sepanjang hidupnya beserta tdk semua besar belom sempat bakal dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci mengenai terbang ini terhimpun dalam Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia bersama Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dan beberapa gede sudah dirancang dalam rupa replika yg tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Tahun 1783
Pada waktu ini nomor satu kali orang-orang memikirkan bagi terbang nggak menerapkan sayap tetapi memakekan balon. Balon tsb diisi dgn gas Montgolfier yg pertama kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan tanaman api dengan asap yang bergerak ke atas dari wadah perapian, suatu momen mereka berusaha menghapuskan kertas beserta menangkap gas tsb ke dalam tas bersama mendapatkan bahwa tas tersebut dpt terbang sampai ke langit-langit ruangan mereka.
Orang yg nomor satu kali menguji terbang dengan menerapkan balon udara tersebut yakni Jean Pilatre De Rozier. Dia merupakan seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yg dipergunakannya dalam percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT KAYU

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya bagaikan Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pd tahun 1773 adalah bangsawan yg bisa dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier & termaksuk orang terpelajar yang waktunya byk dihabiskan buat permasalah teknik, sosial dan politik di Inggris, namum minat terbesarnya yaitu berhubungan penerbangan yang menggunakan media yang lbh berat ketimbang udara dengan secepatnya pada thn 1799 mencetuskan rancangan dari kapal udara modern semacam saat ini ini adalah drag vector (searah dengan aliran ) beserta lift vector (tegak lurus dgn aliran).
MINIATUR PESAWAT KAYU
George Cayley bersama “Boy Carrier” 1849
Pd thn 1804 Cayley merancang, mengembangkan bersama menerbangkan sebuah glider size kecil yang sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang dapat disesuaikan serta berubah acuan pesawat udara sampai masa ini.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Thn 1868
Momen yg bersejarah buat dunia penerbangan serta perkembangan teknologi kapal udara pada thn 1868 adalah ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron tips yang dia bakal tersebut dioprasikan dgn tangan dengan kata lain secara otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat perkakas pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg studi detail dari kepakan sayap beserta aturan terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pd thn 1864. Meskipun petunjuk kontrol aileron yang ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat tetapi krn dia & semua orang pada wkt itu kurang mengerti dengan akspek aerodynamics sehingga pesawat yg dia rancang enggak sudah berhasil terbang.
MINIATUR PESAWAT KAYU
Thn 1903
Pada thn 1903 utuk kesatu kalinya Orvile dengan Wilbur Wright terbang dengan kapal biplane. Sejak kecil memang ke 2 saudara tsb menaruh afeksi lbh kepada sains penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka menjalankan navigasi udara kesatu di Kitti Hawk dengan pesawat terbang layarnya yg telah dilengkapi dgn mesin bahan bakar bensin semasa dua belas detik danmenempuh tenggang 37 m.
