
MINIATUR PESAWAT JET
Dunia transportasi sudah amat berkembang pada wkt ini. Dahulu harus waktu lama utk menjalankan perjalanan dgn menerapkan transportasi darat dan laut. Bagaikan contoh perjalanan haji pada tahun 70an yang menerapkan kapal api bagaikan perkakas transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan waktu extra dari 3 bulan. tapi sekarang berkat perkembangan teknologi transportasi navigasi udara tenggang yg sama dapat ditempuh dalam wkt 8 jam saja. Tidak memesonakan apabila pd masa ini kapal laut bagian enggak lagi dipergunakan untuk mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia navigasi udara menjadikan jarak makin lama pendek
Perkembangan pesawat terbang saat ini tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh terdahulu. sekalipun masih ada perbantahan siapa yang nomor satu kali menjumpai kapal udara namun sejarah perkembangan pesawat udara masih senantiasa menarik untuk dipelajari.
MINIATUR PESAWAT JET
Thn 478 sm
Misalnya pesawat terbang didefinisikan sebagai benda yang lebih berat dari udara namun dapat melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi yakni penemu pertama. Dlm catatannya dia sudah mengarang berhubungan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban dengan kata lain Gongshu Ban membuat layang-layang dalam wujud seekor burung yang diproses dari bambu bersama kayu yang dapat bertahan hingga 3 day melayang tanpa jatuh.
MINIATUR PESAWAT JET
Thn 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang tidak semua rupa pesawat terbang, diantaranya pesawat glider, helikopter serta parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yang mendapatkan kelainan dlm menginterpretasikan tulisan, taksiran beserta tema dengan cara normal tsb yg berkenaan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yg tahu dia utk sepanjang hidupnya beserta nggak semua gede blm sempat bagi dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci mengenai terbang ini terakumulasi dalam Code “On the Flight of Bird” yg disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia serta Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dan sebagian besar sudah dikerjakan dalam tipe replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
MINIATUR PESAWAT JET
Tahun 1783
Pada waktu ini nomor satu kali orang memikirkan untuk terbang tidak memakaikan sayap tetapi menggunakan balon. Balon tsb diisi dengan gas Montgolfier yg kesatu kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yang memperhatikan bunga api dengan asap yang bergerak ke atas dari ruang perapian, suatu tatkala mereka berikhtiar menghilangkan kertas dan menangkap gas tersebut ke dlm tas dan menjumpai bahwa tas tsb dpt terbang sampai ke langit-langit ruang mereka.
Orang yg nomor satu kali berupaya terbang dengan memakaikan balon udara tsb adalah Jean Pilatre De Rozier. Dia ialah seorang ilmuan fisika yg juga tewas pd thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yg berisi hidrogen yg dipergunakannya dlm percobaan terbang.
MINIATUR PESAWAT JET

Tahun 1849
Orang Inggris mengenalnya sebagai Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yang lahir pada thn 1773 yakni bangsawan yg dpt dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier dan termaksuk orang terpelajar yang waktunya byk dihabiskan untuk permasalah teknik, sosial dan politik di Inggris, namum minat terbesarnya merupakan tentang penerbangan yg menerapkan media yang lbh berat ketimbang udara dan selekasnya pd tahun 1799 mencetuskan sketsa dari kapal udara modern seperti sekarang ini adalah drag vector (searah dgn aliran ) dan eskalator vector (tegak lurus dengan aliran).
MINIATUR PESAWAT JET
George Cayley dengan “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, mengembangkan serta menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yang sudah dilengkapi dgn fixed wing, horizontal tail, vertical tail yang bisa disesuaikan beserta menjadi acuan kapal udara hingga saat ini.
MINIATUR PESAWAT JET
Tahun 1868
Momen yang bersejarah bagi dunia navigasi udara serta perkembangan modern pesawat udara pd tahun 1868 yakni ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron teknik yg dia bagi tsb dioprasikan dgn tangan dengan kata lain scr otomatis dengan automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk menghasilkan perangkat pengendali penerbangan tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yg mengulas detail dari kepakan sayap dengan tips-tips terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yg dipublikasikan pada thn 1864. Kendatipun petunjuk kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat tapi sebab dia dan semua orang pada waktu itu kurang paham dgn akspek aerodynamics shg kapal yg dia rancang nggak sempat sukses terbang.
MINIATUR PESAWAT JET
Tahun 1903
Pd thn 1903 utuk pertama kalinya Orvile dengan Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil kenyataannya ke dua saudara tsb menaruh atensi extra kepada keterampilan penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka mengerjakan penerbangan kesatu di Kitti Hawk dgn kapal terbang layarnya yang sudah dilengkapi dgn mesin materi bakar bensin semasa dua belas detik danmenempuh tenggang 37 m.
