
DIECAST PESAWAT GARUDA INDONESIA
Dunia transportasi sudah amat berkembang pada waktu ini. Dahulu mesti masa lama bagi mengerjakan perjalanan dengan memakekan transportasi darat bersama laut. Sbg cth perjalanan haji pada thn 70an yang memakaikan kapal api sbg alat transportasi jema’ah haji dari Indonesia ke Mekah Membutuhkan masa lbh dari 3 bulan. tetapi kini berkat perkembangan tekno transportasi navigasi udara tenggang yg sama dapat ditempuh dlm masa 8 jam saja. Tak memesonakan seumpama pd wkt ini kapal laut tak lagi dipergunakan buat mengangkut jemaah haji.
Bangkitnya dunia penerbangan menjadikan jarak makin lama pendek
Perkembangan kapal terbang wkt ini tidak terlepas dari tugas tokoh-tokoh terdahulu. walaupun masih ada polemik siapa yg pertama kali menjumpai kapal udara tapi historis perkembangan kapal udara masih teguh menarik bakal dipelajari.
DIECAST PESAWAT GARUDA INDONESIA
Tahun 478 sm
Jika pesawat terbang didefinisikan sebagai benda yang extra berat dari udara namun mampu melayang tentunya filsuf cina bernama Mo Zi merupakan penemu pertama. Dalam catatannya dia sudah mengarang berkenaan penciptaan layang-layang. seorang bernama Lu Ban atau Gongshu Ban membuat layang-layang dlm wujud seekor burung yang dirancang dari bambu serta kayu yang dpt bertahan sampai tiga hari melayang tanpa pakai jatuh.
DIECAST PESAWAT GARUDA INDONESIA
Tahun 1486 – 1514
Leonardo Da Vinci (Italia) sudah merancang beberapa macam kapal terbang, diantaranya kapal glider, helikopter & parasut. Hasil Akhir pemikiran ilmuan yang mendapatkan kelainan dlm mengartikan tulisan, kalkulasi dan sketsa dgn cara normal tersebut yang berkaitan dgn dunia navigasi udara berjumlah 700 buah dari lima ribu catatan ataupun gambar yg tahu dia bakal sepanjang hidupnya beserta nggak semua besar blm sempat buat dibuatkan modelnya. Pemikiran Leonardo Da Vinci mengenai terbang ini terhimpun dlm Code “On the Flight of Bird” yang disimpan di Biblioteca Reale Turin, Italia dan Codices of the Institut de France di Paris, Prancis. dan tdk semua gede telah dirancang dalam jenis replika yang tersimpan di Nasional Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci di Milan, Italia.
DIECAST PESAWAT GARUDA INDONESIA
Thn 1783
Pd waktu ini pertama kali orang banyak memikirkan bakal terbang nggak memakaikan sayap tetapi menggunakan balon. Balon tersebut diisi dgn gas Montgolfier yang pertama kali ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yg memperhatikan tanaman api dan asap yg bergerak ke atas dari tempat perapian, suatu selagi mereka mengecek memangkas kertas bersama menangkap gas tersebut ke dalam tas dengan menjumpai bahwa kantong tsb bisa terbang sampai ke langit-langit kamar mereka.
Orang yang nomor satu kali mengecek terbang dengan memakekan balon udara tersebut adalah Jean Pilatre De Rozier. Dia adalah seorang ilmuan fisika yang juga tewas pd thn 1785 disebabkan oleh ledakan balon yang berisi hidrogen yg dipergunakannya dlm percobaan terbang.
DIECAST PESAWAT GARUDA INDONESIA

Thn 1849
Orang Inggris mengenalnya bagaikan Aviation Father (Bapak Penerbangan), Sir George Cayle yg lahir pd thn 1773 merupakan bangsawan yang dapat dikatakan baik. Dia tinggal di Yorkshier & termaksuk orang terpelajar yg waktunya banyak dihabiskan buat permasalah teknik, sosial serta politik di Inggris, namum ketertarikan terbesarnya yaitu tentang navigasi udara yg menerapkan media yg lebih berat ketimbang udara & segera pada tahun 1799 mencetuskan rancangan dari pesawat udara modern seperti masa ini ini adalah drag vector (searah dgn aliran ) beserta lift vector (tegak lurus dengan aliran).
DIECAST PESAWAT GARUDA INDONESIA
George Cayley & “Boy Carrier” 1849
Pada tahun 1804 Cayley merancang, ekspansi bersama menerbangkan sebuah glider ukuran kecil yang sudah dilengkapi dengan fixed wing, horizontal tail, vertical tail yg dpt disesuaikan & berubah acuan kapal udara sampai masa ini.
DIECAST PESAWAT GARUDA INDONESIA
Thn 1868
Momen yang bersejarah utk dunia navigasi udara beserta perkembangan digital pesawat udara pd thn 1868 yaitu ditemukannya aileron oleh MPW Bolton. Aileron arahan yang dia buat tersebut dioprasikan dgn tangan dgn kata lain dengan cara otomatis dgn automatic pendulum control device. Bolton terinspirasi utnuk membuat peranti pengendali navigasi udara tersebut bersumber dari ilmuan prancis Ferdinand Charles Honore Philipe d’Esterno yang menganalisa detail dari kepakan sayap & manual terbang dari burung, Du Vol des Oiseaux (On the Flight of Bird) yang dipublikasikan pd thn 1864. Meskipun teknik kontrol aileron yg ditemukan oleh Bolton terbukti berkhasiat tetapi krn dia & seluruh orang pada masa itu kurang paham dengan akspek aerodynamics shg kapal yang dia rancang tak sempat sukses terbang.
DIECAST PESAWAT GARUDA INDONESIA
Tahun 1903
Pada tahun 1903 utuk nomor satu kalinya Orvile dengan Wilbur Wright terbang dgn pesawat biplane. Sejak kecil benar-benar ke 2 saudara tsb menaruh atensi lebih kepada ilmu penerbagan. Tepatnya tanggal 17 Desember 1903 mereka mengerjakan navigasi udara pertama di Kitti Hawk dgn kapal terbang layarnya yg telah dilengkapi dgn mesin materi bakar bensin sewaktu 12 detik danmenempuh tenggang 37 m.
